Hubungi kami di

Politika

Daftar Komisioner KPU dan Bawaslu Terpilih Periode 2022-2027

Terbit

|

Ilustrasi: Komisi II DPR akhirnya berhasil memilih tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu periode 2022-2027. F. Dok. SINDOnews.com

KOMISI II DPR RI telah menyetujui 7 nama anggota KPU dan 5 nama anggota Bawaslu periode 2022-2027. Penetapan dilakukan dengan voting pada Rabu (16/2) malam hingga Kamis (17/2) dini hari.

Nama-nama anggota KPU dan Bawaslu itu selanjutnya akan dibawa ke rapat paripurna untuk kemudian diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Sebelum voting, Komisi II DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 orang calon anggota Bawaslu pada 14-16 Februari lalu. Kemudian, nama-nama kian mengerucut usai diseleksi.

Setelah itu, Komisi II DPR memilih dan menetapkan para calon. Tujuh nama terpilih. Uniknya, mereka yang terpilih ini sama persis dengan nama-nama yang beredar kemarin.

BACA JUGA :  Kotak Suara "Kardus" Yang Bikin Heboh

Daftar Komisioner KPU 2022-2027 Terpilih di DPR:

1. Betty Epsilon Idroos
2. Hasyim Asy’ari
3. Mochammad Afifudin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Mellaz

Untuk Bawaslu DPR memilih lima orang anggota. Lima orang yang terpilih ini juga sama persis dengan lima nama yang tersebar sehari sebelumnya.

Daftar Anggota Bawaslu 2022-2027 Terpilih di DPR:

1. Lolly Suhenty
2. Puadi
3. Rahmat Bagja
4. Totok Hariyono
5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

Nama-nama anggota KPU dan Bawaslu yang terpilih itu sama dengan daftar yang sebelumnya beredar sebelum rapat pemilihan dilakukan. Ada pihak yang menyebarkan informasi via pesan WhatsApp beberapa hari sebelum DPR menetapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru.

BACA JUGA :  Temui Gubernur, KPU-Bawaslu Kepri Usul Pembangunan Kantor di Dompak

Wakil Ketua Komisi II DPR, Luqman Hakim, sempat mengatakan pesan beredar di WhatsApp soal nama-nama anggota KPU-Bawaslu terpilih adalah hoaks. Namun nyatanya, daftar anggota KPU dan Bawaslu yang terpilih sama dengan yang beredar beberapa hari sebelumnya.

“Tidak benar itu. Fit and proper test saja masih berjalan kok, lha gimana caranya ambil keputusan? Hoaks itu,” cetus dia, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (16/2).

(*)

sumber: CNNIndonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid