Hubungi kami di

Khas

Dataran Engku Putri Batam Center Pusat Aktifitas Warga Batam

Terbit

|

Dataran Engku Putri Batam Center. Poto: @Dok.

DATARAN Engku Putri Batam Center, takan asing lagi nama itu jika disebutkan. Hampir seluruh warga kota Batam akan mengenalnya dan mengetahui letaknya dimana.

Dataran atau banyak juga orang menyebut dengan Alun-alun Engku Putri terletak dikawasan strategis dipusat pemerintahan kota Batam, dikawasan Batam Center.

Alun-alun Engku Putri sudah menjadi ikon kota Batam, yang merupakan sebuah public space, yang dibangun disekeliling area pemerintahan dan perekonomian di Batam.

Beberapa gedung pemerintahan seperti kantor Wali Kota Batam, kantor DPRD Batam, kantor BP Batam, Kejaksaaan Negri Batam, Pengadilan Negri Batam, Bank Indonesia Wilayah Kepri dan kantor penting lainnya ada di kawasan ini.

Kantor Walikota Batam. Poto diambil dari arah Dataran Engku Putri, Kamis (7/7). Poto: @zhr/gowest.id

Selain itu beberapa tempat wisata seperti hotel dan pusat perbelanjaan (Mall) pun turut melengkapi sarana publik dikawasan ini.

Dikawasan ini terdapat juga masjid yang cukup terkenal, Masjid Agung Batam Center, yang menarik banyak pengunjung untuk mengagumi arsitektur bangunannya.

BACA JUGA :  Kenapa Masih Ada SMS Spam Setelah Registrasi?

Sebagai publick space, Dataran Engku Putri, kini telah menjelma menjadi sarana favorite bagi warga Batam untuk melakukan aktifitas.

Penampakan Masjid Agung Batam Center dari salahsatu sudut Dataran Engku Putri. Kamis (7/7). Poto: @zhr/gowest.id

Berbagai kegiatanpun kerap digelar dilapangan ini. Baik acara resmi pemerintahan, maupun acara yang digelar oleh masyarakat umum.

Pemerintah Kota Batam (Pemko Batam) secara rutin menggelar upacara bendera peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus dilapangan ini.

Begitupun acara-acara keagamaan seperti halnya kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), bahkan MTQ tingkat nasional ke-25 pada tahun 2014 digelar disana selama 10 hari.

Kini salahsatu peninggalan iven MTQ tingkat nasional pertama kali di Provinsi Kepri tersebut, yakni bangunan Astaka MTQ yang terletak dibagian Barat Laut dataran Engku Putri tersebut, telah dimanfaatkan oleh pemerintah kota Batam untuk dijadikan Museum Kota Batam, yang diberi nama Museum Raja Ali Haji.

BACA JUGA :  Sambut Hari Kemerdekaan, BI Luncurkan 7 Pecahan Uang Kertas Baru
Museum Raja Ali Haji Batam. Museum ini dibangun oleh Pemko Batam dengan memanfaakan bangunan Astaka MTQ tingkat Nasional ke-25 tahun 2014. Poto diambil Kamis (7/7). Poto: @zhr/gowest.id

Tidak hanya disaat hari libur seperti hari Minggu atau tanggal merah lainya, dihari-hari biasapun dataran Engku Putri kerap ramai dijadikan tempat berbagai aktifitas oleh masyarakat, khususnya mereka yang memiliki hobi olahraga.

Berbagai aneka ragam aktifitas baik secara kelompok, keluarga maupun perorangan bisa dilakukan disini.

Joging, bersepeda, jalan santai adalah kegiatan yang kerap dilakukan oleh pengunjung.

Di area ini, pengunjung juga akan menemukan beragam fasilitas olahraga lainya. Seperti arena bola basket, lapangan sepak bola mini, arena skateboard dll.

Jika hari Minggu atau hari libur lainya, warga akan melakukan aktifitas disana mulai dari pagi hari hingga sore hari.

Dihari-hari biasa, umumnya warga Batam akan melakukan aktifitas mulai sore hari.

(zhr/gowest.id)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid