Hubungi kami di

Ini Batam

Disbudpar Batam Latih 42 Pelaku Wisata dalam Kelola Bisnis Destinasi Wisata

Terbit

|

Peserta pelatihan wisata yang digelar Disbudpar Batam di 89 Hotel, Senin (6/6). F Ist

DINAS Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam kembali menggelar pelatihan bagi pelaku pariwisata Batam di 89 Hotel, Senin (6/6). Pelatihan dengan tema tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi wisata ini diikuti 42 peserta.

Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata secara resmi membuka kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai 6-8 Juni ini. Ia mengatakan kegiatan ini sebagai motivasi kepada pelaku atau pekerja pariwisata untuk mengembangkan destinasi wisatanya.

“Ini sebagai motivasi, kalau bisa semua destinasi wisata Batam mendapat great dari Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif),” ucapnya.

Berbicara tentang destinasi wisata dan pengembangannya, pelaku wisata harus saling berkolaborasi. “Saya sebagai kepala dinas butuh petugas kebersihan, perlu bersama bartender, perlu waiters restoran dan lain-lain,” terangnya.

BACA JUGA :  Covid-19 Semakin Terkendali, Kunjungan Wisman ke Batam Naik 719 Persen

Lewat materi yang disampaikan oleh narasumber, Ardi berharap dapat diperhatikan. Terlebih pelatihan kali ini membahas tentang bagaimana mempromosikan pariwisata.

“Materi tentang pemasaran ini menjadi senjata, kalau bisa digunakan akan berdampak baik bagi kita,” ucapnya.

Menurut Ardi, pelaku pariwisata merupakan garda terdepan dalam menginformasikan pariwisata yang ada di Batam. Terlebih kini media sosial semakin berkembang, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat dan dapat berinteraksi dengan banyak orang.

“Di restoran mungkin ada piring kotor cepat diambil, bisa jadi bumerang bagi kita. Terlebih media sosial semakin canggih perlu hati-hati,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan memberikan peluang untuk meningkatkan human capital pelaku pariwisata, karena dunia pariwisata semakin maju dan semakin banyak pesaing. Kegiatan serupa, Ardi berharap dapat diikuti pemilik destinasi pariwisata untuk selalu memberikan pengetahuan bagi pekerjanya sehingga pariwisata Batam berkelas dunia.

BACA JUGA :  Sambut Bulan Suci Ramadhan | Warga RW 20 Gelar Doa Arwah Bersama di Masjid Al Ishlaah

Sebagai informasi, Disbudpar Batam mendatangkan narasumber berpengalaman di bidang pariwisata. Narasumber tersebut yakni Febriansyah dari tour dan travel yang memberikan materi tentang penyelenggaraan tata kelola bisnis dan pemasaran pariwisata di kabupaten atau kota, dan tata kelola destinasi pariwisata.

Kemudian Budiman Sihombing memberikan materi tentang pengelolaan bisnis dalam pengembangan daya tarik wisata dan destinasi pariwisata berdaya saing. Serta Edi Sutrisno selaku Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) memberikan materi tentang pemasaran destinasi pariwisata.

“Silahkan nanti narasumber memberikan informasi, share pengalaman dan cara pemasaran terbaik,” pungkasnya (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid