Hubungi kami di

Hidup Sehat

Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C

Terbit

|

Ilustrasi, vitamin C. Ist.

VITAMIN C adalah salah satu suplemen yang paling populer. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air adalah antioksidan kuat yang bertindak sebagai bahan pembangun kolagen, membantu penyembuhan luka, dan juga berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. Vitamin ini pula yang banyak diburu masyarakat terutama sejak awal saat pandemi Covid-19 merebak.

Mengkonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun, ada beberapa reaksi merugikan yang dapat terjadi jika kita  mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C dalam bentuk suplemen. Hal ini sangat berlawanan dengan makan makanan yang kaya vitamin C.

Tunjangan diet yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin C adalah 75 miligram per hari untuk perempuan dan 90 miligram per hari untuk pria berusia 19 tahun dan lebih tua. Batas atas yang dapat ditoleransi untuk pria dan wanita adalah 2.000 miligram per hari. Artinya, jika kita mengkonsumsi lebih dari itu, diskusikan dengan dokter atau ahli diet terdaftar.

BACA JUGA :  Wah, Ada Deodoran Khusus Mr. P

Lalu, apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi suplemen vitamin C berlebih? Berikut beberapa efek sampingnya, dilansir laman EatThis, Senin (21/6).

1. Masalah pencernaan

Keluhan yang paling umum saat mengonsumsi suplemen vitamin C adalah masalah pencernaan, mulai dari diare hingga mual hingga kram perut. Jika kita menemukan suplemen yang memberikan efek samping itu, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli diet terdaftar.

2. Batu ginjal

Beberapa penelitian menunjukkan vitamin C berperan dalam perkembangan batu ginjal. Namun, hasilnya bertentangan. Penelitian memang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya yang disebut hyperoxaluria, suatu kondisi yang terjadi ketika ada terlalu banyak oksalat dalam urin, dapat mengembangkan batu ginjal. Namun, ini mungkin tidak terlalu mengkhawatirkan jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan ini.

BACA JUGA :  Sembuh Total Dari Stroke, Bisa?

3. Kelebihan zat besi

Vitamin C membantu menyerap zat besi non-heme, yang merupakan zat besi dari makanan nabati seperti sayuran hijau berdaun gelap. Pada orang dewasa yang sehat, hal ini tampaknya tidak menjadi masalah.

Bahkan sebenarnya hal itu sangat bermanfaat, terutama bagi non-pemakan daging yang mendapatkan zat besi dari tumbuhan. Namun, pada orang dengan kondisi yang disebut hemochromatosis, yang menyebabkan tubuh menyimpan terlalu banyak zat besi, vitamin C dalam jumlah tinggi dari suplemen dapat memperburuk kelebihan zat besi dan merusak tubuh.

(*)

Sumber : EatThis 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook