Hubungi kami di

Berita

Hamparan Pasir Putih Tanpa Laut di Baliem

Mike Wibisono

Terbit

|

BUMI Papua memiliki beragam objek wisata yang unik dan indah. Salah satunya ini. Hamparan pasir putih di Lembah Baliem, Wamena. Sesuai penampakannya, objek wisata ini juga disebut Pasir Putih oleh masyarakat setempat.

Melansir laman indonesiakaya.com, Jumat 23 September 2016, suasana yang disuguhkan lokasi wisata ini layaknya sedang berada di pantai. Uniknya ‘pantai’ yang satu ini tidak memiliki laut. Bahkan tidak ada setetes air pun yang membasahi pasir putih tersebut.

Foto : Indonesiakaya.com

Foto : Indonesiakaya.com

Pasir yang ada di Lembah Baliem memang mirip dengan pasir pantai. Pasir tersebut memiliki ciri-ciri bulir kecil dan halus. Hanya saja pasir-pasir tersebut berada di sebuah perbukitan bebatuan hitam yang sekelilingnya terdapat rerumputan hijau.

Jika meneruskan perjalanan hingga ke bukit teratas batuan tersebut maka Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu indah. Anda dapat melihat keseluruhan Lembah Baliem dari atas serta pemadangan sawah nan hijau yang menyegarkan mata.

Bahkan menurut warga setempat, pasir tersebut bercita rasa asin. Padahal disekitaran pasir putih tidak terdapat sumber atau mata air yang menghasilkan garam.

Foto : indonesiakaya.com

Foto : indonesiakaya.com

Ditinjau dari sejarahnya, Lembah baliem ini dahulunya adalah sebuah danau besar bernama Danau Wio. Hamparan pasir putih tersebut dicurigai sebagai peninggalan dari danau tersebut.

Pada 1813 terjadi sebuah gempa dahsyat yang menyebabkan pergeseran lempeng bumi dan perubahan geologi. Setelah berubah, maka air danau tersebut surut dan membentuk sungai yang kini menjadi sungai Baliem. Sejak saat itu, danau Wio pun berubah menjadi Lembah Baliem.

Dapat dikatakan Lembah Baliem adalah salah satu fenomena alam yang unik di tanah Papua. Bagi Anda yang akan menghabisakan waktu berlibur ke Papua tidak ada salah nya untuk menengok sejenak keunikan alam Indonesia satu ini. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook