Hubungi kami di

Pilihan gowest.id

Hikikomori, Penyakit Aneh Yang Diderita Jutaan Warga di Jepang

Mike Wibisono

Terbit

|

SEBUAH fenomena “penyakit” aneh sedang mewabah dan menghinggapi hampir satu juta warga Jepang. Penyakit aneh itu disebut hikikomori, dan penderitanya sebagian besar adalah para pemuda.

Hikikomori merupakan sebuah kondisi dimana seorang mengurung diri di kamarnya, bermalas- malasan, tidur, bangun. Bisa dibilang bahwa Hikikomori adalah sebuah parasit yang akan merugikan keluarganya atau orang yang mengasuhnya, seorang Hiikomori tidak akan bekerja dan hanya bergantung pada keluarganya, ketika anggota keluarganya mati, seorang Hikikomori kemungkinan akan mati karena tidak memiliki inang untuknya. kalian dapat melihat kehidupan seorang Hikikomori di beberapa anime seperti Hataraku Maou-sama.

Seorang pakar hikikomori, Dr Takahiro Kato, pernah mengalami masalah ini pada masa remajanya. Kini dia bekerja untuk mencegah “penyakit” ini menyebar dan menghinggapi generasi muda Jepang.

Dr Kato, yang mempelajari hikikomori di Universitas Kyushu, Fukuoka, mengatakan bahwa dia sudah pernah melihat beberapa kasus paling parah yang diderita para pria berusia 50-an yang sudah menarik diri dari kehidupan sosial selama 30 tahun.

Kato melanjutkan, para penderita hikikomori, yang menolak kontak dengan teman dan bahkan keluarga, sering kali adalah para pemuda cerdas dan berkemampuan tinggi.

Apa penyebab terjadinya Hikikomori?

Adanya masalah di Sekolah,tempat kerja,dll yang membuat orang yang berkaitan merasa tertekan dan frustasi,kemudian mereka akan memilih untuk pasrah dengan cara mengurung diri di kamarnya dan memilih untuk tidak keluar dari kamarnya,karena merasa takut untuk keluar.

Adanya Pem-bully-an oleh teman temannya,orang yang di bully oleh teman temannya akan merasa tertekan,dan takut untuk berhubungan dengan orang lain dan memilih untuk mengurung diri di kamarnya.

Perkembangan Teknologi yang semakin maju,Perkembangan teknologi yang saat ini semakin maju membuat beberapa orang merasa malas untuk keluar dari kamarnya ,dan memilih untuk bermain game ,nonton film,dan melakukan hal hal lainnya,dengan menggunakan PC /Laptop dan Android yang saat ini populer dikalangan remaja.

Perbedaan Selera antara teman, keluarga dan dirinya sendiri. Seorang merasa dirinya memiliki kegemaran atau hobby yang berbeda dengan temannya,yang membuat dirinya merasa untuk lebih ingin menjadi dirinya sendiri daripada harus mengikuti kepribadian orang lain.

Bagaimana Cara Mengatasi dan Menghilangkan kebiasaan Hikkikomori ?

Cobalah untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Hentikan kebiasaan malas seperti tidur sepanjang waktu dan cobalah untuk keluar kamar anda.

(yur/berbagai sumber)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook