Hubungi kami di

Berita

Indonesia Luncurkan Satelit Telkom 3S

nien bagaskara

Terbit

|

SEBAGAI negara kepulauan dengan segala keunikan kondisi geografis-terdiri dari ribuan pulau dan pegunungan yang sulit dijangkau oleh sistem komunikasi, Indonesia membutuhkan sistem komunikasi dengan lingkup jangkauan luas. Sistem komunikasi satelit merupakan solusi tepat yang mampu menjangkau area terluar, terdepan, hingga terpencil untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Sistem komunikasi satelit merupakan penopang dan pemersatu wilayah nusantara. Satelit memiliki peran dalam mewujudkan program Nawacita poin kesatu yaitu melindungi warga negara melalui keamanan nasional dan pembangunan pertahanan serta memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

Selain itu kehadiran satelit juga mendukung program Nawacita poin ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat berbagai daerah dalam rangka negara kesatuan.

Komunikasi satelit juga dapat memberikan pelayanan seperti layanan siaran televisi kualitas high-definition, layanan komunikasi seluler, internet broadband, serta sistem komunikasi VSAT yang dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA :  Tipu Bos Lorena Transport, DPO Andy Saragih Eks Dirut Transjakarta Ditangkap

Sistem komunikasi terbaru saat ini yang dirilis oleh Telkom Indonesia adalah Telkom 3S. Satelit ini ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi.

Satelit Telkom 3S mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, sampai kawasan Asia Tenggara, dan sebagian Asia Timur.

“Satelit Telkom 3S ini menjadi harapan untuk menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, dan semakin memudahkan komunikasi antarwilayah di seluruh negeri,” kata Menteri BUMN Rini M Soemarno dikutip dari hulusungaitengahkab.go.id pada Kamis 16 Februari 2017.

Kata dia, hadirnya Satelit Telkom 3S ini menjadi sebuah kebanggaan dan pencapaian luar biasa yang dapat memperkuat posisi dan kedaulatan Indonesia dalam kancah dunia digital di tingkat internasional. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook