Hubungi kami di

Politika

Isu Reshuffle Menguat, Sejumlah Tokoh Merapat ke Istana

Terbit

|

Presiden Joko Widodo. F. Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

ISU reshuffle Kabinet Indonesia Maju kian kencang berembus. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah memanggil sejumlah tokoh, ketua umum partai politik dan juga menteri-menterinya untuk datang ke Istana Negara.

Pemanggilan ini dikaitkan dengan isu reshuffle kabinet yang kabarnya akan dilakukan pada Rabu (15/6/2022) besok.

Terlihat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil, tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6) sore. Sofyan tak banyak bicara saat hadir di Istana.

Lalu, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto juga dipanggil menghadap Jokowi. “Saya hanya dipanggil, enggak tahu (alasan pemanggilan),” kata Hadi saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selain itu, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terlihat datang ke istana. Prabowo datang menggunakan mobil Toyota Alphard putih yang bisa ia gunakan.

Ia masuk istana melalui Pintu Bali dekat Masjid Baiturrahim. Area tersebut dijaga ketat aparat pengamanan istana. Awak media dilarang masuk dan hanya bisa memantau dari kejauhan.

BACA JUGA :  Jokowi Serahkan DIPA dan TKDD 2022 | Paparkan 6 Kebijakan Utama

Prabowo mengenakan kemeja putih dan peci hitam saat menemui Jokowi. Setelah pertemuan, ia terlihat meninggalkan istana sekitar pukul 16.30 WIB.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, irit bicara usai menemui Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tertutup.

Lutfi keluar istana secara diam-diam. Ia tak banyak bicara saat dihampiri wartawan. “Enggak ada, enggak ada,” kata Lutfi.

Berikut pejabat dan tokoh yang dipanggil Presiden Jokowi:

1. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto datang mengenakan batik warna cokelat, tiba di kompleks Istana Kepresidenan pukul 17.30 WIB. Hadi mengaku dipanggil untuk datang ke Istana.

“Saya hanya dipanggil, nggak tahu apa,” kata Hadi.

Saat ditanya siap atau tidaknya menjadi menteri, Hadi mengaku belum berpikir ke sana. Dia juga mengatakan tak ada persiapan apa-apa.

“Belum berpikir ke arah sanalah, ya,” ujar Hadi.

2. Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto

Prabowo Subianto juga bertemu Presiden Jokowi di Istana sore ini. Namun belum diketahui ada agenda apa Prabowo menemui Jokowi.

BACA JUGA :  Ansar - Marlin Dilantik Bersamaan Dengan Gubernur Sumbar dan Bengkulu

Prabowo terlihat keluar dari Istana dan masuk ke dalam mobil untuk meninggalkan Istana pukul 16.30 WIB.

3. Menteri Perdagangan, M Lutfi

Lufthi tampak keluar dari Istana sore. Lutfi keluar dari kompleks Istana sekitar pukul 17.40 WIB. Lutfi langsung masuk mobil dan meninggalkan Istana. Tidak ada keterangan yang dipaparkan.

4. Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) DAN BPN, Sofyan Djalil

Sofyan Djalil diketahui masuk ke istana setelah Hadi Tjahjanto. Sofyan belum tahu dirinya dipanggil untuk urusan apa. “Nggak tahu, agenda ibu kota kali,” ujar Sofyan.

Sofyan mengaku tak tahu saat ditanya lagi soal panggilan mendadak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Nggak tahu,” ujar Sofyan.

5. Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra

Surya Tjandra merapat ke Istana Jakarta sore ini. Surya belum berbicara banyak soal maksud kedatangannya itu.

Surya datang ke Istana pukul 17.49 WIB. Tidak banyak yang dibicarakan Surya setibanya di istana.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com | detik.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid