Hubungi kami di

Politika

KPU Kepri: Ada Bakal Calon DPD RI Tak Penuhi Syarat Dukungan saat Verifikasi Administrasi

Terbit

|

Anggota KPU Provinsi Kepri, Arison. F. Dok. kepri.kpu.go.id

ANGGOTA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Arison, menyebutkan berdasarkan hasil dari tim verifikasi administrasi menemukan daftar nama pemilih yang mendukung bakal calon anggota DPD RI yang tidak memenuhi syarat.

Dia mengatakan, jumlah pemberi dukungan yang tidak memenuhi syarat belum dihitung karena proses verifikasi administrasi masih berlangsung. “Kami akan informasikan kepada bakal calon DPD untuk segera diperbaiki,” kata Arison di Tanjungpinang, seperti dilansir Antara, Kamis (5/1/2023).

Menurutnya,bentuk dukungan yang tidak memenuhi syarat yakni identitas ganda dalam satu calon, ganda identik, identitas ganda antarcalon, dan dukungan yang dilarang. Dukungan yang dilarang seperti pendukung bekerja sebagai ASN, kepada desa, TNI dan Polri.

BACA JUGA :  BKKBN-Pemko Batam Turut Sosialisasikan G20

“Ketika terjadi pengurangan dukungan akibat tidak memenuhi syarat, mengakibatkan dukungan minimal kurang dari 2.000 orang. Jika masih lebih dari 2.000 orang, bakal calon DPD masih bisa lanjut ke verifikasi faktual. Sebaliknya, kalau kurang dari 2.000 orang, maka harus menambahnya hingga memenuhi syarat,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kepri, Indrawan, mengatakan sejak awal pihaknya sudah memprediksi bakal ditemukan dukungan bakal calon anggota DPD RI tidak memenuhi syarat. Namun bakal calon anggota DPD masih memiliki waktu untuk memperbaikinya.

“Kami sejak awal sudah melakukan pemetaan, dan menerima informasi soal itu,” ucapnya.

Indrawan mengemukakan bakal calon anggota DPD masih memiliki waktu sekitar dua bulan lebih untuk memperbaiki syarat dukungan.

BACA JUGA :  PMI Natuna Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur dari Donasi Warga

Verifikasi administrasi perbaikan tahap pertama hingga 23 Januari – 1 Februari 2023, dilanjutkan rekapitulasi tingkat provinsi serta kabupaten dan kota pada 2 – 4 Februari 2023.

Kemudian masuk ke tahapan verifikasi faktual 6 – 26 Februari 2023, perbaikan dukungan minimal pemilih oleh calon anggota DPD 2 – 11 Maret 2023, penyerahan dukungan minimal pemilih perbaikan tahap kedua 5 – 11 Maret 2023, dan verifikasi administrasi perbaikan tahap kedua 12 – 21 Maret 2023.

“Lalu dilaksanakan tahapan verifikasi faktual tahap kedua 26 Maret – 8 April 2023, dan penetapan keputusan hasil verifikasi pada 9 – 12 April 2023,” katanya.

(*/pir)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid