Hubungi kami di

Kota Kita

KSOP Karimun Pindahkan Muatan Kapal Tanker MT Young Yong yang Kandas di Perairan Batam

Terbit

|

Kapal milik TNI AL melakukan patroli di sekitar kapal MT Young Yong yang kandas di perairan Batam, Kepri. F. Humas TNI AL

KASUBAG Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun, Inna Maulina, mengatakan pihaknya mulai memindahkan muatan kapal tanker MT Young Yong yang kandas di perairan Selat Singapura dekat Pulau Tekong Kecil, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Inna mengatakan pilihan memisahkan muatan kapal berbendera Djibouti tersebut dilakukan setelah pihaknya bersama pihak-pihak terkait melakukan rapat terkait penanganan kapal tanker  MT Young Yong.

“Hari ini sesegera mungkin dilakukan pemindahan muatan, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Inna, Selasa (1/11/2022).

Masih menurut Inna, di sekitar lokasi kandasnya kapal tanker MT Young Yong ada pipa gas bawah laut menuju Singapura. “Makanya sesegera mungkin dilakukan pemindahan muatan,” ucapnya.

BACA JUGA :  Ketua Komisi II DPRD: Produk UMKM Kepri Bisa Tembus Pasar Internasional, Asal....

Terpisah, Komandan KAL Marapas Kapten Laut (P) Almahdi, mengatakan, Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IV dalam hal ini KAL Marapas I-4-65 sudah melaksanakan patroli lanjutan terhadap kapal tanker tersebut.

“Patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kebocoran minyak mentah pada tanki kargo dan tidak mengganggu lalu lintas TSS (Traffic Separation Scheme) Singapura-Indonesia,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyelaman untuk mengecek seluruh bagian kapal. “Namun untuk penyelaman ini hasilnya nihil, karena arus yang begitu kuat,” ucapnya.

Kapal tanker MT Young Yong kandas pada Kamis (27/10/2022) malam sekitar pukul 20.18 WIB. Kapal itu mengalami kandas di Utara Pulau Takong Kecil di koordinat 1′ 07.670 N / 103″ 42.940 E.

BACA JUGA :  Pendapatan Labuh Jangkar Rp.1,38 Miliar, KEK Galang Batang Diperluas Hingga 2500 Hektar

Kapal itu bertolak dari Pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia tanggal 18 Oktober 2022 lalu, kapal itu berlayar dengan tujuan Pulau Nipa, Karimun, Kepri, namun belum sampai tujuan kapal tersebut kandas.

Lokasi kapal kandas berada di atas jalur pipa gas Indonesia ke Singapura. Kapal tanker itu memiliki ukuran panjang 320.28 meter dan lebar 58.00 meter dan diketahui tengah bermuatan fuel oil sebanyak 284.429 ton, sehingga proses evakuasi dilakukan KSOP dengan hati-hati.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid