Hubungi kami di

Sebaiknya Tahu

Larry Bird, Nama Burung Yang Jadi Logo Twitter

Terbit

|

Ilustrasi, logo Twitter

BILA diminta membayangkan dan mendeskripsikan logo burung biru, bagi sebagian kalangan mungkin bakal langsung mudah menjawab bahwa itu adalah logo dari platform media sosial Twitter.

Ya, logo burung biru tampaknya sudah sangat lekat dengan Twitter bagi beberapa pengguna. Sejak awal peluncuran Twitter pada tahun 2006, platform ini memang telah mengusung logo burung dengan warna biru.

Logo burung yang dipakai Twitter saat ini telah mengalami sejumlah perubahan sejak awal peluncurannya. Logo burung yang pertama kali digunakan Twitter dibuat oleh desainer asal Inggris bernama Simon Oxley.

Pihak Twitter kala itu membeli logo yang dibuat Simon Oxley melalui platform iStock dengan harga sekitar 15 dollar AS (Rp 215.000 jika menggunakan nilai kurs saat ini). Logo burung yang dibuat Simon tampak jauh berbeda dengan yang dipakai Twitter sekarang.

Logo burung tersebut terlihat lebih ramping, memiliki kaki, titik kecil warna putih sebagai mata, dan paruh menghadap ke kiri. Twitter tidak begitu lama memakai logo dari Simon karena perusahaan melarang menggunakan gambar yang berasal dari iStock.

BACA JUGA :  Tipe-Tipe Orang di Jejaring Sosial

Logo burung Twitter terus mengalami perubahan hingga terakhir tahun 2012, yang akhirnya dipakai sampai saat ini. Logo Twitter yang dirilis tahun 2012 itu didesain oleh Creative Director Twitter kala itu, yakni Doug Bowman.

Pada cuitan akun dengan handle @TwitterAU tersebut nampak bagaimana perubahan logo Twitter dari waktu ke waktu. Logo terakhir yang muncul pada unggahan itulah yang didesain oleh Doug Bowman.

Logo Twitter yang dibuat Doug Bowman terlihat lebih sederhana dengan siluet burung berwarna biru. Logo Twitter saat ini secara mendasar punya dua bentuk, yakni burung warna putih dengan latar biru dan burung warna biru dengan latar putih.

Kendati desain logo Twitter mengalami perubahan, namun warna dasarnya tetap mengandung unsur biru.

Sebelum logo dari Doug Bowman rilis, burung biru Twitter itu memiliki nama khusus.

Nama burung yang jadi logo Twitter itu adalah Larry Bird. Nama tersebut dipilih karena salah satu pendiri Twitter, Biz Stone, merupakan penggemar pemain basket dari tim Boston Celtics yang bernama Larry Bird, sebagaimana dilansir New York Times.

Setelah logo burung biru dari Doug Bowman rilis, nama Larry Bird tidak lagi digunakan untuk menyebut logo Twitter. Logo Twitter kini hanya dikenal dengan istilah Twitter Bird, tanpa mengacu lagi pada nama pemain basket tersebut.

BACA JUGA :  Twitter Bakal Dibeli Google?

Sementara itu, arti logo Twitter bisa diketahui dari proses perancangannya. Doug Bowman selaku desainer logo Twitter yang dipakai sampai saat ini, mengungkap bahwa burung biru tersebut disusun dari tiga rangkaian lingkaran yang saling berhubungan dan tumpang tindih.

Dikutip dari Yahoo News, tiga lingkaran tersebut melambangkan sebuah jaringan, minat, dan ide yang saling berhubungan antar pengguna di Twitter. Dari rangkaian geometri sederhana itu, dikembangkanlah menjadi bentuk burung.

Lalu, kenapa logo Twitter itu burung? Doug Bowman memaparkan bahwa burung dapat merepresentasikan kebebasan, harapan, dan kemungkinan tanpa batas. Di Twitter sendiri, pengguna memang dapat bebas mengutarakan pikirannya.

Twitter juga memungkinkan pengguna untuk bisa berinteraksi secara luas, dimana pun, kapan pun, serta dengan siapa pun. Itulah nama burung logo Twitter beserta artinya, semoga bermanfaat.

(*)

Sumber : New York Times | Yahoo News | Kompas
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid