Hubungi kami di

Jiran

Mulai 1 April, Malaysia Masuk Fase Endemi Covid-19 | Buka Pintu Pendatang dari Luar Negeri

Terbit

|

Suasana sepi di sekitar Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (1/6/2021). Mulai 1 April 2022, Malaysia masuk fase endemi Covid-19 dan mengizinkan masuk pendatang dari luar negeri. F. Dok. Bisnis.com/ /Bloomberg/Samsul Said

MALAYSIA akan memulai proses transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi mulai 1 April 2022 mendatang. Hal ini disampaikan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob.

Namun Ismail Sabri menegaskan warga Malaysia untuk tetap memakai masker khususnya di tempat umum. Malaysia berencana membuka sepenuhnya perbatasan negara mulai 1 April mendatang.

Dengan kebijakan baru tersebut, Malaysia mengizinkan pendatang dari luar negeri yang telah divaksinasi Covid-19 lengkap masuk tanpa karantina.

Ismail Sabri juga menuturkan wisatawan asing tidak perlu lagi mendaftar melalui mekanisme MyTravelPass, dan hanya perlu mengunduh aplikasi pelacakan kontak MySejahtera.

“Malaysia akan mulai transisi ke fase endemik Covid-19 mulai bulan depan,” kata Ismail Sabri dalam pidato yang disiarkan di televisi pada Selasa (8/3/2022).

BACA JUGA :  Cegah Covid-19, Donasi Pengusaha Batam Capai Rp 10 Miliar

“Dengan mempertimbangkan varian Omicron yang masih ada di negara kita dan negara lain, ada beberapa langkah wajib bagi warga Malaysia dan pelancong.”

Dikutip Reuters, selain perbatasan, Ismail Sabri mengatakan pembatasan jam operasional kegiatan bisnis, jumlah pertemuan kerumunan, dan aturan jaga jarak sosial juga akan dilonggarkan.

Ia juga menegaskan masih ada protokol kesehatan dan prosedur yang patut dipatuhi para pelancong.

“Bagi yang belum divaksinasi lengkap, atau tidak dapat menerima vaksin karena alasan kesehatan, menteri kesehatan akan merinci lebih lanjut Prosedur Operasi Standar (SOP) tentang ini besok,” tambah Ismail Sabri seperti dikutip Channel NewsAsia.

BACA JUGA :  Setelah Enam Bulan Nihil, Muncul Satu Kasus Baru Covid-19 di Lingga

Pembukaan perbatasan ini mengakhiri dua tahun kebijakan pembatasan pergerakan sosial yang diberlakukan Malaysia terkait pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu.

Selain Malaysia, langkah serupa juga telah lebih dulu diterapkan negara tetangga seperti Thailand, Kamboja, Filipina, dan Indonesia.

Di Indonesia, pemerintah juga mulai melonggarkan pembatasan terkait Covid-19 dengan menghapus syarat tes PCR dan Antigen untuk perjalanan domestik.

Di Thailand, Kamboja, Vietnam dan Filipina, pelancong dari luar negeri telah diizinkan masuk tanpa karantina dengan syarat sudah vaksinasi lengkap dan tes Covid-19 negatif sebelum dan setelah kedatangan.

(*)

sumber: CNNIndonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid