Hubungi kami di

Khas

RS. COVID-19 Galang Beroperasi 6 April 2020, Jadi Rujukan di Wilayah Barat

ilham kurnia

Terbit

|

GEDUNG observasi yang dibangun dengan merenovasi bangunan di lokasi eks Kamp Vietnam di Kelurahan Sei Jantung Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), memiliki banyak keunggulan.

Tidak itu saja, nantinya gedung Observasi di Pulau Galang ini juga dilengkapi dengan sarana lain, yakni ruang radiologi, farmasi, gizi hingga ruang laundri dan ada juga insenirator yang berfungsi untuk mengolah sampah yang dihasilkan dari aktivitas gedung observasi ini.

Gedung observasi ini memiliki kapasitas 1.000 tempat tidur dan 50 ruang isolasi.

Namun saat ini, baru siap 340 tempat tidur untuk ruang observasi dan 20 tempat tidur untuk ruang isolasi bertekanan negatif dan dilengkapi oleh filter hepa serta oksigen yang terpasang secara sentral dengan kamar mandi per kamarnya.

BACA JUGA :  Orang Indonesia Masuk 5 Besar Pecandu Internet di Dunia

“Ini maksimal senin sudah bisa dioperasikan, memang ada keterlambatan karena transportasi material terganggu karena kondisi cuaca,” kata presiden Jokowi saat meninjau kesiapan rumah sakit itu rabu (1/4/2020).

RS. COVID-19 di pulau Galang, Batam

Pembangunan rumah sakit ini, kata Jokowi lagi, memang direncanakan untuk menampung masyarakat Indonesia yang terpapar Covid-19.

Ini adalah bentuk kesiapsiagaan pemerintah menghadapi bahaya dan ancaman virus ini. Meskipun demikian, ia berharap fasilitas ini tidak digunakan dalam arti tidak banyak masyarakat yang terpapar virus yang sudah masuk dalam kategori pandemi ini.

RS. COVID-19 di pulau Galang, Batam

“Semua ini memang kita rencanakan dan kita siapkan, kita berharap tidak terjadi tapi paling tidak kita siap, kita bangun dan diharapkan tidak dipakai,” kata Jokowi lagi.

(Zhr/bob/yum/GoWestID)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook