Hubungi kami di

Pop & Roll

Selamat Jalan Sang Legenda Komik Marvel

nien bagaskara

Terbit

|

Stan Lee : syfy.com

STAN Lee, sang penulis  yang menciptakan banyak karakter ikonik seperti Iron Man, Fantastic Four, Spider-Man, Daredevil, dan X-Men, meninggal dunia di usia 95 tahun.

Lee, yang bekerja sama dengan artis seperti Jack Kirby dan Steve Ditko, menghidupkan industri komik dengan sederet superhero yang dia ciptakan.

Stan Lee meninggal dunia pada Senin (12/11) pagi waktu setempat di Cedar-Sinai Medical Center, Los Angeles. Lee, yang mulai menggeluti komik pada 1939, telah menciptakan sosok superhero seperti Black Panther, Spider-Man, X-Men, Thor, Iron Man, Fantastic Four, Incredible Hulk, Daredevil, Ant-Man dan masih banyak lagi.

“Dia merasa wajib kepada para penggemarnya untuk terus menciptakan,” kata putrinya J.C. Lee dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

“Dia mencintai hidupnya dan dia mencintai pekerjaannya. Keluarganya mencintainya dan para penggemarnya mencintainya. Dia tak tergantikan,” tmbah J.C Lee seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (13/11).

JC Lee tidak menyebutkan penyebab kematian Lee. Tetapi situs berita selebriti TMZ mengatakan ambulans dipanggil ke rumah Lee di Hollywood Hills pada Senin pagi. Dia meninggal di Cedars-Sinai Medical Center.

Stan Lee mengalami masa-masa tidak mengenakkan dalam beberapa tahun terakhir.

Istrinya meninggal pada Juli 2017. Ia juga menuntut para bos POW! Entertainment, perusahaan yang ia dirikan pada 2001, atas tuduhan penggelapan uang. Dia juga menuntut mantan manajernya.

BACA JUGA :  Pernikahan Mewah Nick Jonas dan Priyanka Chopra di Delhi

Stanley Martin Lieber lahir di Upper West Side Manhattan pada tahun 1922. Ia memulai karirnya sebagai penulis skrip untuk komik superhero dan misteri di perusahaan penerbitan milik kerabatnya Martin Goodman.

Pada usia 19 tahun, Lee menjabat sebagai kepala editor.

Dua puluh tahun kemudian, Lee mulai membuat superhero yang berbeda di tahun bersama Jack Kirby. Terciptalah Fantastic Four, menyusul kemudian Lee membuat Iron Man, Thor, Hulk, Spider-Man, Doctor Strange, dan Silver Surfer yang juga laris di pasaran.

Banyaknya cerita yang bergulir bersamaan membuat Lee terkadang memunculkan satu karakter di kisah yang lain. Hal ini memunculkan sesuatu yang baru.

Lee lantas menjadi penerbit Marvel Comics pada tahun 1972.

Komik miliknya mulai diadaptasi dalam film di tahun 1990 berjudul Captain America. Pada tahun 2000 Bryan Singer blockbuster versi X-Men, dibintangi Hugh Jackman, Patrick Stewart, Ian McKellen dan Halle Berry, yang lantas sukses lengkap dengan cameo untuk Lee sebagai salesman hot-dog.

Sumber : Reuters / Guardian / Kompas

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook