Hubungi kami di

Peristiwa

Semeru Erupsi | Warga Diminta Waspada

Terbit

|

Erupsi Semeru. Foto: tirto.id

GUNUNG Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengeluarkan erupsi, Sabtu (4/12) pukul 15.00 Wib.

Berdasarkan video yang diterima dari berbagai group Sosmed (Whatsapp), Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter itu mengeluarkan hujan abu vulkanik di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur.

Gunung api tertinggi di Jawa Timur itu mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar. Akibat aktivitasnya itu, masyarakat dan penggali pasir di aliran Sungai Leprak berlarian menjauh menghindar asap pekat.

BACA JUGA :  Lestarikan Lingkungan Ala Kids Zaman Now

Belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi Semeru disertai awan panas guguran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa melalui keterangan tertulisnya.

Ia memaparkan hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

BACA JUGA :  Batam Tempat Nyaman Untuk Investor Berinvestasi

Selain itu Budi juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang aman.

Dilaporkan guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang.

“Diimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru,” ucapnya.

(*/zah)

Sumber: Okezone | CNNIndonesia | Whatsapp

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook