Hubungi kami di

Uang

Siraman Rp.7,7 Triliun Buat Pesaing Alibaba dari Google

iqbal fadillah

Terbit

|

GOOGLE berupaya memperkuat ekspansi bisnisnya di China. Salah satu caranya dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce China.

Ada uang sebesar USD 550 juta atau sekitar Rp 7,76 triliun yang dikeluarkan Google untuk membeli saham milik JD.com.

Meski tak disebutkan jumlah sahamnya, namun, kedua perusahaan ini dalam pernyataannya akan berkolaborasi dalam beberapa inisiatif strategis, termasuk mengembangkan solusi retail bersama di Eropa, Amerika Serikat dan Asia Tenggara.

Seperti dikutip TechCrunch, Senin (18/6), kemitraan ini diharapkan dapat menggabungkan pengalaman dan teknlogi yang dimiliki JD.com dalam rantai persediaan dan logistik dengan jangkauan pelanggan, serta data dan marketing milik Google untuk membentuk online retail model baru.

Tahap awal dari kemitraan ini akan berfokus pada JD.com dalam menawarkan produk-produknya ke pelanggan di seluruh dunia melalui platform Google Shopping.

BACA JUGA :  Batam FunTastic Meriahkan The 6th Annual Indonesia Marketeers Festival

Dengan kerjasama ini, maka produk-produk JD.com akan dapat dilihat oleh lebih banyak orang dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk mereka.

Kemampuan JD.com untuk menjangkau konsumen di pasar yang lebih luas tentu akan menjadi saluran baru yang dapat dimanfaatkan ketika hubungan dagang antara China dan Amerika Serikat sedang memburuk.

Dengan suntikan dana ini, JD.com katanya akan terus berinovasi untuk mengungguli kompetitor utamanya Alibaba.

JD.com juga telah berinvestasi untuk mengembangkan teknologi gudang otomatis, drone, dan teknologi retail dan logistik lainnya.

Google akan menjadi raksasa teknologi kedua yang berinvestasi di JD.com. Sebelumnya, perusahaan teknologi China, Tencent merupakan salah satu pendonor dana terbesar bagi JD.com.

(*)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook