Hubungi kami di

Khas

Target Pembangunan Konstruksi Jembatan Batam-Bintan Mundur ke 2023

Terbit

|

Ilustrasi, desain jembatan Batam - Bintan.

MENGACU pada adanya tambahan review teknis, besar kemungkinan target pelaksanaan konstruksi pembangunan Jembatan Batam-Bintan di Provinsi Kepulauan Riau akan mengalami perubahan.

Sebelumnya, ditargetkan pada Juni 2022, namun kelihatannya akan bergeser menjadi di kuartal pertama (QI) 2023.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Herry Trisaputra Zuna, dikutip dari BatamNow.com.

“Memperhatikan perubahan target jadwal pelaksanaan yang mengacu pada adanya tambahan review teknis, maka target dimungkinkan akan mengalami perubahan, dimana target pelaksanaan konstruksi dimulai pada QI-2023,” ujar Herry.

Sebelumnya, Koordinator Transportasi Bidang Jalan Direktorat Transportasi, Kementerian PPN/Bappenas Ahmad Zainudin menyatakan, “Berdasarkan timeline, diperkirakan realisasi pembangunan Jembatan Bintan-Batam pada Juni 2022”.

“Proyek Jembatan Bintan-Batam akan memberikan dampak luas pada pembangunan di dua pulau, termasuk rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), pelabuhan peti kemas dan Kawasan Industri (KI) di Tanjung Sauh yang diharapkan dapat terealisasi mulai 2022,” ujarnya.

BACA JUGA :  Truk Terbalik di Jalan Kawal

Ditanya soal rencana pelaksanaan tender, Herry mengatakan, ditargetkan bisa terlaksana pada kuartal pertama 2022.

“Rencana tender ditargetkan pada QI-2022 dengan penyelenggara pengadaan Badan Usaha Jalan Tol adalah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol, sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2021,” paparnya.

Saat ini, lanjut Herry, untuk porsi dukungan pemerintah dalam proses review teknis dan persiapan dokumen readiness criteria. Sedangkan untuk porsi KPBU, sedang dalam proses finalisasi Final Business Case (FBC), pengusulan penjaminan pemerintah dan pengusulan izin lingkungan. 

BACA JUGA :  "Kota Tanpa Kumuh" di Batam

Pemprov Kepri Membenarkan

KEPALA Biro (Kabiro) Humas, Protokol dan Penghubung Provinsi Kepri Hasan membenarkan bahwa pembangunan konstruksi Jembatan Batam-Bintan dimulai di awal 2023.

“Untuk pelaksanaan pembangunan konstruksinya dimulai di awal 2023 itu betul,” ujar Hasan, Rabu (22/12/2021).

Hasan menjelaskan pembangunan Jembatan Batam-Bintan untuk tahap pertama pada 2023 itu adalah yang dibiayai lewat skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Meski konstruksinya dikerjakan di awal 2023, Hasan menjelaskan, “tapi mekanismenya kan bukan sekadar membangunnya. Perencanaan membangun itu kan harus sudah ada DED-nya, kajiannya dan lain-lain.”

Targetnya, kata Hasan, seluruh desain Jembatan Batam-Bintan rampung di awal 2022. Pembebasan lahan yang telah dimulai akhir tahun ini juga ditargetkan selesai awal tahun depan.

(*)

Sumber : batamnow.com 
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid