Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Windows 11 Bisa Diinstal di Ponsel Xiaomi & OnePlus

Terbit

|

BEBERAPA waktu lalu, seorang mahasiswa bernama Gustavo Monce berhasil menginstal Windows 11 ke ponsel Nokia Lumia 950 XL. Kini sistem operasi terbaru buatan Microsoft ini berhasil dipasang di ponsel Xiaomi dan OnePlus.

Adalah Xilin Wu, developer di balik Proyek Renegade yang mengaku berhasil menginstal dan menjalankan Windows 11 pada chip ARM64 di ponsel yang memiliki chip Snapdragon 845 dan Snapdragon 855. Sebagai bukti, tim Renegade berhasil menjalankan Windows 11 di OnePlus 6T dan Xiaomi Mi 8.

BACA JUGA :  Ini Ponsel Pintar Flagship Yang Bakal Beredar

Dikutip dari World Today News, Selasa (6/7/2021), Wu membuat tools dan driver sediri dan mengaktifkan UEFI di Snapdragon 845. Dalam video yang diunggah, ia juga menunjukkan bagaimana proses instalasi dilakukan.

Renegade menggunakan OnePlus 6T yang menjalankan Windows 10. Setelah itu, mereka melanjutkan lewat mem-flash Preview Build Windows 11 untuk chip ARM.

Meski proses instalasinya cukup lama, pada akhirnya OnePlus 6T berhasil menjalankan Windows 11. Sayangnya, beberapa fitur penting di Windows 11 tidak bisa digunakan, seperti Wifi, Bluetooth, dan audio speaker.

BACA JUGA :  Ponsel Semurah Xiaomi Redmi 5A Besutan ZTE

Hal ini sama seperti yang dialami Monce. Usai menginstal Windows 11 pada Nokia Lumia 950 XL, ia juga tidak bisa menggunakan fitur seperti kamera, SMS, dan baterainya cukup boros.

Sedangkan tampilan dan fitur baru yang ada di Windows 11 tetap muncul, seperti taskbar, menu start, hingga snap layout.

Monce dan timnya juga membuat situs khusus untuk proyek mereka yang berisi tools, panduan, dan dokumentasi untuk menghadirkan Windows 10 dan Windows 11 ke ponsel Windows Phone lawas.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook