Hubungi kami di

Hidup Sehat

5 Makanan Yang Membantu Kamu Berumur Panjang

nien bagaskara

Terbit

|

HAMPIR tiap orang punya harapan ini. Bisa berumur panjang. Tapi, sayangnya tidak semua orang berusaha untuk mendapatkan umur yang panjang. Tanpa mengabaikan kuasa Tuhan, kita sebenarnya bisa mengikhtiarkannya melalui pola makan sehat.

Penelitian terkini menunjukkan bahwa pola makan merupakan indikator penting yang menentukan berapa lama Anda akan hidup dan terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis.

Berikut adalah 5 makanan sehat yang dapat memperpanjang usia hidup Anda:

1. Kacang

Cemilan yang banyak digandrungi masyarakat ini memang terbukti dapat mencegah berbagai risiko penyakit kronis. Penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health menemukan bahwa semakin sering orang mengonsumsi kacang, maka semakin rendah risikonya untuk mati muda.

Tapi tentu saja, batasi konsumsi kacang secukupnya untuk mendapatkan manfaat in, minimal segenggam kacang per hari.

2. Roti gandum

Mulai sekarang ganti menu sarapan Anda dengan roti gandum. Pasalnya sebuah studi terkini yang dilakukan JAMA Internal Medicine menemukan bahwa konsumsi gandum sebanyak 1 ons berkorelasi dengan penurunan risiko kematian sebanyak 5 persen dan penurunan risiko jantung sebanyak 9 persen.

BACA JUGA :  Mewaspadai Kanker Serviks, Sadanis dan Payudara Klinis dengan Sosialisasi

3. Makanan pedas

Kabar baik bagi Anda pecinta makanan pedas. Studi yang dilakukan terhadap 450 ribu lelaki dan perempuan di China menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan pedas berkontribusi pada penurunan risiko kematian 14 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tak senang mengonsumsi makanan pedas.

4. Rumput laut

Lebih dari 1000 penelitian telah menemukan manfaat rumput laut yang dapat menekan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat pertumbuhan kanker. Penelitian ini sekaligus membuktikan rahasia panjang umur masyarakat di Jepang yang rutin mengonsumsi rumput laut.

5. Ikan

Ikan adalah makanan yang membuat Anda panjang umur. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam ikan yang disebut karotenoid dapat melindungi seseorang dari risiko mengidap penyakit yang berhubungan dengan kerusakan saraf.

Terlebih lagi, omega-3 dalam ikan berlemak seperti salmon secara signifikan dapat mengurangi peradangan, yang memicu berbagai penyakit mulai dari kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook