SELURUH pelabuhan domestik yang berada dalam naungan Badan Pengusahaan (BP) Batam kini telah menerapkan sistem tiket elektronik. Hal ini diumumkan dalam peresmian layanan tiket daring di Terminal Feri Domestik Harbour Bay pada hari Senin (28/11/2024).
Dendi Gustinandar, Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, menjelaskan bahwa peluncuran layanan e-ticketing ini merupakan langkah penyempurnaan sistem untuk seluruh terminal feri domestik di wilayah BP Batam. “Dengan adanya e-ticketing dan pembayaran non tunai, kami berharap proses perjalanan akan lebih efisien dan transparan,” ungkapnya dalam keterangan pers.
Kerja sama antara agen pelayaran PT Lautan Inti Mega, operator kapal Oceanna Baruna, dan PT Easybook Teknologi Indonesia menjadi kunci dalam implementasi sistem ini. Melalui platform easybook.com, calon penumpang kini dapat memesan tiket feri secara online untuk rute Batam – Tanjung Balai Karimun, sekaligus melakukan pembayaran tanpa uang tunai.
Terminal Feri Domestik Harbour Bay saat ini melayani rute Batam-Karimun dengan lima jadwal pelayaran setiap harinya. Dendi berharap, dengan sistem e-ticketing yang baru, pengalaman penumpang dalam menggunakan layanan transportasi laut di Batam akan semakin baik.
Lebih lanjut, Dendi menekankan pentingnya Batam sebagai hub transit bagi wisatawan yang ingin mengunjungi berbagai pulau di Kepulauan Riau dan Provinsi Riau. Ia juga mengajak semua pihak terkait untuk berperan aktif dalam pengawasan dan memberikan masukan terhadap pelaksanaan e-ticketing ini, demi meningkatkan kualitas layanan bagi penumpang kapal feri domestik.
(sus)