Hubungi kami di

Ide

Belanja & Pilih Barang di WhatsApp Bisnis

nien bagaskara

Terbit

|

Ilustrasi, © cobuildlab.com

WHATSAPP kembali menghadirkan fitur terbaru untuk platform WhatsApp Business. Kini pengguna bisa memilih barang dan memasukkannya menjadi satu ke dalam keranjang.

Fitur Keranjang Belanja ini sudah bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp Business di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dengan fitur ini, para pelanggan dapat menelusuri Katalog di akun WhatsApp Business milik UMKM, memilih beberapa produk yang disukai, lalu mengirimkan semuanya dalam sebuah chat kepada admin toko.

Pelanggan tidak perlu lagi mengetik satu-persatu pesanan mereka ketika belanja.

Hal ini juga akan mempermudah admin toko untuk melacak pesanan, mengelola permintaan dari pelanggan, dan memproses pesanan dengan lebih efisien.

Untuk memilih barang, memasukkannya ke keranjang hingga membuat pesanan, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Menambahkan produk ke keranjang

  • Buka WhatsApp.
  • Buka obrolan atau profil UMKM yang ingin kamu pesan.
  • Ketuk ikon tombol belanja yang tercantum di sebelah nama UMKM untuk mengakses katalog mereka.
  • Setelah katalog terbuka, telusuri produk yang ingin kamu pesan.
  • Ketuk produk yang kamu suka.
  • Ketuk “tambahkan ke keranjang” pada produk jika ingin memesan.
  • Atau, kamu juga dapat mengetuk “Kirim Pesan ke Bisnis,” jika kamu ingin mengajukan pertanyaan khusus tentang produk.
BACA JUGA :  Agar Lipstik Tahan Lama Seharian Tanpa Touch Up

Mengedit keranjang

  • Ketuk “lihat keranjang” untuk melihat semua produk yang ditambahkan ke keranjang kamu.
  • Ketuk “tambahkan lebih banyak” jika kamu ingin menavigasi kembali ke katalog untuk terus menambahkan lebih banyak produk.
  • Kamu juga dapat mengedit kuantitas untuk setiap produk yang ditambahkan ke keranjang.

Melakukan pemesanan

  • Setelah kamu berhasil memperbarui keranjang, kamu dapat mengirimkannya ke penjual sebagai pesan WhatsApp.
  • Setelah dikirim, kamu akan dapat melihat detail pesanan dengan mengetuk tombol “lihat keranjang” di jendela obrolan dengan penjual.
  • Meskipun transaksi pembayaran tetap perlu dilakukan melalui platform lain,
  • WhatsApp berharap dapat mendukung lebih banyak UMKM di Indonesia untuk tumbuh secara digital melalui WhatsApp Business.

Kemungkinan besar ke depan, WhatsApp akan mengintegrasikan layanan pembayaran langsung ke WhatsApp Business, sehingga pengguna tidak perlu repot lagi saat belanja.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook