Hubungi kami di

Dunia

Berkat Drone, Pengunjung Pantai Lebih Aman Dari Serangan Hiu

nien bagaskara

Terbit

|

TIDAK bisa dipungkiri, pesawat tanpa awak berkamera alias Drone, banyak membantu aktifitas manusia modern dewasa ini. Drone banyak digunakan untuk mengambil gambar dan mendokumentasikan berbagai kegiatan.

Seperti di Australia yang akhir-akhir ini menggunakan teknologi yang tertanam pada Drone untuk memperbaiki sistem keamanan pengunjung pantai yang ada di sana.

Perusahaan bernama Little Ripper yang berbasis di Negeri Kanguru bakal mengujicoba kamera drone untuk memantau pergerakan hiu di pantai-pantai Australia. Uji coba akan dilaksanakan pada bulan depan di beberapa pantai pada musim panas tahun ini.

Little Ripper bekerja sama dengan Universitas Teknologi Australia dalam mengembangkan teknologi tersebut. Jika dijabarkan secara sederhana, kamera drone itu akan diterbangkan di atas pantai. Melalui kamera video, pergerakan hiu akan dipantau dan hasil videonya akan dikirimkan secara langsung ke penjaga pantai. Kalau ada tanda-tanda penampakan hiu yang berada terlalu dekat dengan pengunjung pantai, penjaga akan membunyikan sirine tanda waspada.

BACA JUGA :  Pasien Corona Tewas di Spanyol Capai 4800 Kasus

Dilansir dari laman Lonely Planet, Little Ripper mengklaim kalau teknologi mereka memiliki ketepatan hingga 92 persen. Selain itu juga lebih efisien, karena laporannya diolah dengan alogaritma yang ilmiah, ketimbang menduga tanda-tanda alam.

Sebelum merilis kamera drone pemantau hiu, perusahaan ini juga telah sering menggunakan teknologinya untuk bekerjasama dengan pihak kepolisian Australia dalam rangka mencari kasus orang hilang di darat maupun di perairan.

Selama masa uji coba, sejumlah penjaga pantai juga akan dilatih untuk menjadi pilot kamera drone ini. Diharapkan, terobosan teknologi ini akan mengurangi kasus kecelakaan di pantai. (*)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook