Hubungi kami di

Kota Kita

BKKBN Kepri Beri Pelatihan CTU Bagi Bidan di Pulau Perbatasan

Terbit

|

BKKBN Kepri menyelenggarakan pelatihan CTU bagi bidan dari tujuh kabupaten/kota Provinsi Kepri. F. BKKBN Kepri

GUNA meningkatkan pelayanan Keluarga Berencana (KB) di pulau-pulau perbatasan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyelenggarakan pelatihan Contraceptive Technology Update (CTU) bagi bidan dari tujuh kabupaten/kota.

Fasilitas pelatihan tersebut merupakan kerja sama dengan UPT Bapelkes Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau. Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Rohina, di Batam, Minggu (4/12/2022).

Rohina mengatakan, usai pelatihan CTU ini diharapkan peserta mendapat bekal pengetahuan, keterampilan, serta sikap peserta yang telah sesuai dengan standar kompetensi profesi yang telah dipersyaratkan.

“Sehingga muara akhirnya bidan mampu melakukan pelayanan kontrasepsi di fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan standar,” ujar Rohina.

Peserta angkatan pertama dalam pelatihan tersebut berjumlah 25 orang dengan mengikuti selama 15 hari efektif dari 16 November sampai 4 Desember 2022 secara blended atau metode pembelajaran dengan cara menggabungkan antara tatap muka di dalam ruangan kelas dan secara daring atau jarak jauh.

BACA JUGA :  Tersangkut Kasus Hukum, Sekda Tanjungpinang Ingin Proyek Pengendalian Banjir Segera Rampung

Dengan begitu, lanjut Rohina, ia juga mengharapkan peserta pelatihan yang memperoleh sertifikasi standar pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dapat berperan aktif memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Penting untuk mengatur jarak kelahiran, gunakan (MKJP), yang nantinya juga akan menekan angka stunting,” kata dia.

Kepala Sub Koordinasi Pelatihan dan Pengembangan Perwakilan BKKBN Provinsi Kepri, Wahyu Permana, menyampaikan setelah diberikan materi secara daring peserta selanjutnya mengikuti praktik lapangan.

“Tercatat pada saat praktik basah berlangsung sejumlah 126 akseptor telah dilayani oleh para peserta,” kata Wahyu.

BACA JUGA :  Konjen RI di Turki Berharap Kepri Menjelma Jadi New Engine Ekonomi Indonesia

Pelaksanaan pelatihan CTU merupakan upaya peningkatan kompetensi bagi sejumlah bidan yang berada di fasilitas kesehatan khususnya bagi para bidan yang berada di daerah pulau penyangga dan menjadi kantong-kantong strategis pelayanan KB.

Sementara itu seorang peserta pelatihan CTU yang merupakan bidan di Kabupaten Natuna Venny mengatakan saat ini para penanggung jawab program KB masih banyak belum memiliki sertifikat CTU sehingga dengan diselenggarakannya kegiatan ini sangat membantu bidan untuk melayani pelayanan KB MKJP yang ada di pulau.

“Meskipun berada di pulau kesulitan akses bukan menjadi alasan untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” kata Venny.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid