Hubungi kami di

Tanah Air

Dilepas Presiden Jokowi, Buya Syafii Maarif Dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah

“Pertama-tama, atas nama pribadi, atas nama bangsa, atas nama negara saya menyampaikan ungkapan duka cita yang mendalam atas berpulangnya, atas wafatnya Buya Syafii Maarif,” kata Jokowi.

Terbit

|

Presiden Joko Widodo mengantarkan jenazah almarhum Buya Syafii Maarif ke mobil jenazah sebelum dimakamkan di Kulonprogo, Yogyakarta, Jumat (25/5/2022). F. Dok. Kompas.com/Sekretariat Presiden

UMAT Islam Indonesia berduka atas wafatnya cendekiawan muslim Buya Syafii Maarif pada Jumat (27/52022) pukul 10.15 WIB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nahsir, melepas Buya Syafii Maarif ke tempat peristirahatan terakhir.

Tokoh besar Muhammadiyah ini dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah di Kompleks Pemakaman Husnul Khatimah, Dusun Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (27/5) petang.,

Prosesi penghormatan terakhir sekaligus pelepasan jenazah dilaksanakan di tempat persemayaman almarhum, Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, selepas ibadah shalat Ashar, Jumat (27/5).

“Pertama-tama, atas nama pribadi, atas nama bangsa, atas nama negara saya menyampaikan ungkapan duka cita yang mendalam atas berpulangnya, atas wafatnya Buya Syafii Maarif,” kata Jokowi.

BACA JUGA :  "Pamungkas Jokowi & Deadline 2 Minggu Untuk Kasus Ahok"

“Buya Syafii Maarif adalah guru bangsa. Dan yang saya lihat beliau hidup dalam kesederhanaan. Beliau adalah kader terbaik Muhammadiyah yang selalu menyuarakan tentang keberagaman. Dan selalu menyuarakan tentang toleransi antarumat beragama,” imbuhnya.

Jokowi pun menggemakan lagi pesan dari Buya Syafii Maarif soal dasar negara Indonesia, Pancasila. Sebagai informasi, Buya Syafii adalah anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Dan beliau juga selalu menyampaikan pentingnya Pancasila bagi perekat bangsa. Kita semua adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita kita akan kembali. Mari kita berdoa bersama semoga Almarhum Buya Syafii Maarif diberikan tempat terbaik di sisi-Nya, diampuni segala dosa-dosanya. Aamiin ya rabbal alamin,” kata Jokowi.

BACA JUGA :  Letjend Dudung Dilantik Jadi KSAD

Buya Syafii meninggal dunia pada Jumat pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Buya Syafii wafat pada usia 86.

Sebelumnya, Buya Syafii dirawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, sejak 14 Mei 2022 lalu usai mengalami sesak nafas. Tim medis menyebut almarhum sempat mengalami henti jantung sebelum wafat Jumat ini.

Buya Syafij juga sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit karena terkena serangan jantung ringan pada akhir Maret lalu.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid