Hubungi kami di

Ini Batam

Dinkes: Sudah 1.427 Bayi Usia Dua Bulan di Batam Divaksin PCV

Terbit

|

Ilustrasi: Seorang ibu menggendong bayinya untuk disuntikkan PVC. F. Dok. BatamEkbis.com

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, menyebutkan sebanyak 1.427 bayi usia dua bulan telah menerima Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) dari program pemberian vaksin pneumonia gratis tahun ini.

Didi mengatakan, pada tahap awal vaksin PCV introduksi ini pihaknya menargetkan sebanyak 7.646 bayi usia dua bulan untuk menerima vaksin hingga akhir tahun 2022.

Hingga saat ini sebanyak 502 bayi usia tiga bulan sudah menerima PCV dosis dua. “Yang mendapatkan PCV dua itu yang sebelumnya sudah dapat PCV satu,” kata Didi.

BACA JUGA :  Wakil Walikota : Pelanggar Protkes Didenda Rp. 250.000 per Orang, Badan Usaha Minimal Rp. 500.000

“Jadi, sasaran PCV itu 7.646 bayi, kemudian capaian untuk PCV satu sudah ada 1.427 bayi atau 18,6 persen, sedangkan capaian PCV dua sudah 502 bayi,” sebut Didi lagi.

Ia menjelaskan saat ini pemberian vaksin PCV diprioritaskan kepada bayi usia dua bulan sebagai bentuk antisipasi infeksi virus pneumococcus, virus penyebab radang paru (pneumonia) pada anak.

Dia menyebutkan usia bayi dua bulan masih rentan sehingga dengan pemberian vaksin PCV diutamakan kepada bayi yang lahir per tanggal 13 Juni 2022.

BACA JUGA :  Garuda Ubah Jadwal Penerbangan Rute RHF Tanjungpinang - Soekarno-Hatta

Pemberian vaksin PCV ini sudah berjalan sejak 3 Oktober 2022. “Jadi nanti bagi yang sudah menerima vaksin PCV pertama ini akan ada lanjutannya lagi, akan ada vaksin yang kedua hingga ketiga sebagai booster (penguat) pada saat bayi sudah usia 12 bulan,” kata dia.

Pemberian imunisasi PCV dapat melalui posyandu, puskesmas, dan layanan kesehatan pemerintah dan swasta di daerah itu.

(*)

Sumber: Antara

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid