Hubungi kami di

Ini Batam

Gerbang Auto Gate Pelabuhan Batuampar Mulai Beroperasi

Terbit

|

Gerbang Auto Gate Pelabuhan Batu Ampar, Batam. Foto: @Dok.

AUTO Gate System (AGS) yang dibangun di pintu gerbang Pelabuhan Batuampar, mulai beroperasi 1 Desember lalu.

AGS merupakan bagian dari pengembangan platform Batam Logistic Ecosystem (BLE), yang dirancang untuk menurunkan tarif logistik di Batam yang dianggap mahal.

“Dalam penataan ekosistem logistik di Batam, BLE telah melalui berbagai upaya untuk dikembangkan, salah satunya bekerja sama dengan kementerian dan lembaga yang ada di Batam, sampai AGS bisa dirampungkan,” kata Kepala Subbagian Dukungan Teknis Bea Cukai (BC) Batam, Hery Rusdaman, Rabu (8/12).

Dalam penataan ekosistem logistik di Batam, BLE telah melalui berbagai upaya untuk dikembangkan, salah satunya bekerja sama dengan kementerian dan lembaga yang ada di Batam, sampai AGS bisa dirampungkan.

BACA JUGA :  Badan Usaha Pelabuhan BP Batam Lakukan Penyesuaian Jadwal Layanan Administrasi Terpadu

AGS akan menjadi pintu masuk satu-satu bagi sarana pengangkut barang yang akan keluar-masuk Pelabuhan Batu Ampar, sehingga proses pengawasan lalu lintas barang akan lebih baik. AGS juga dilengkapi dengan kamera pengawas yang mampu melakukan pelacakan nomor plat headtruck dan nomor kontainer.

“Semua sistem yang ada pada AGS akan berbasis online. Pelayanan pelabuhan akan saling terintegrasi, BP Batam Seaport Information Management System (B-SIMS) yang merupakan sistem kepelabuhanan milik BP Batam sudah terintegrasi dengan sistem sistem Customs-Excise Information System and Automation (CEISA) tempat penimbunan sementara (TPS) Online milik BC. Setelahkan akan kita integrasikan juga dengan CEISA Free Trade Zone (FTZ),” jelasnya lagi.

BACA JUGA :  China Nyatakan Tidak Ada Perselisihan Wilayah Kedaulatan Dengan Indonesia

Tujuan dari adanya AGS ini adalah untuk mengurangi antrean panjang di ruas jalan Batu Ampar yang kerap macet. Dengan adanya sistem ini, para pengemudi truk dapat lebih teratur, cepat, dan tertib saat memasuki kawasan pelabuhan.

“AGS juga akan mempermudah proses inventarisasi logistik yang ada di Pelabuhan Batu Ampar. Proses inventarisasi akan lebih cepat, karena proses perhitungan, pencatatan, pengaturan, serta pelaporan akan secara otomatis direkam oleh sistem yang saling terintegrasi,” paparnya.

*(rky/GoWestId)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid