Hubungi kami di

Hidup Sehat

Hasil Penelitian, Tak Ada Efek Kesehatan Serius dari Vaksin mRNA

Terbit

|

Ilustrasi, vaksin covid 19

TIM peneliti tidak menemukan efek kesehatan serius yang dapat dikaitkan dengan vaksin Covid-19 berbasis mRNA. Studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA itu menunjukkan bahwa vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna tidak terkait dengan peningkatan 23 efek samping serius secara signifikan pada 6,2 juta pasien.

“Hasil dari pengawasan keamanan kami meyakinkan,” kata penulis utama Nicola Klein, dari Kaiser Permanente, dilansir laman Times Now News, Senin (6/9/2021) kemarin.

Klein mengatakan, dunia mengandalkan vaksin yang aman dan efektif untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Vaccine Safety Datalink (VSD) akan terus memantau keamanan semua vaksin yang melindungi dari Covid-19.

BACA JUGA :  Dua Pasien Suspect Corona Asal Anambas Tiba di Tanjungpinang

Vaccine Safety Datalink (VSD) adalah kolaborasi berkelanjutan antara rencana kesehatan AS dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Studi itu melaporkan temuan dari pertengahan Desember 2020 hingga 26 Juni 2021.

Peneliti menganalisis perbandingan antara peristiwa kesehatan tertentu di antara penerima vaksin Covid-19 berbasis mRNA selama tiga pekan pertama setelah suntikan dengan peristiwa kesehatan di antara pasien yang serupa selama tiga hingga enam pekan setelah mendapatkan vaksin mRNA.

BACA JUGA :  Pemerintah Bakal Jadikan GeNose Alat Screening Covid-19 Utama di RI

Jumlah total orang yang dievaluasi adalah 6,2 juta untuk dosis pertama vaksin mRNA dan 5,7 juta untuk dosis kedua. Para penulis menambahkan kelompok pembanding pasien yang tidak divaksinasi dalam analisis tambahan.

Para peneliti memeriksa 23 efek kesehatan potensial. Itu dipilih karena mereka telah dimasukkan dalam studi vaksin sebelumnya.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook