Hubungi kami di

SPORT

Inggris Tembus ke Semifinal | Euro 2020

Terbit

|

Timnas Inggris, © Twitter - @england

TIM nasional Inggris masih terus melanjutkan kiprahnya pada ajang Euro 2020 atau Piala Eropa 2020. Inggris berhasil menembus semifinal Euro 2020 dengan melibas Ukraina pada babak perempat final, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB.

Berlaga di Stadion Olimpico Roma, pasukan Gareth Southgate tersebut menang telak dengan skor 4-0.

Gol kemenangan Inggris ke gawang Ukraina dicetak Harry Kane (4′, 50′), Harry Maguire (46′), dan Jordan Henderson (63′).

Inggris pun melaju ke semifinal Euro 2020 dan akan menghadapi Denmark di babak empat besar tersebut di Stadion Wembley, London, pada Kamis (7/7/2021) dini hari WIB.

Ya, di Stadion Wembley, stadion yang historis di tanah Inggris. Terlebih lagi, laga final Euro 2020 pun rencananya akan digelar di tempat yang sama.

Inggris pun kian dekat, berpeluang besar, mewujudkan Football is Coming Home dengan raihan trofi juara Euro 2020, gelar juara Eropa yang belum pernah diraih The Three Lions.

Mengutip Goal, kalimat Football is coming home merupakan bagian refrain dari lagu berjudul “The Three Lions” yang dirilis pada Mei 1996 oleh komedian David Baddiel dan Frank Skinner bersama band rock asal kota Liverpool, The Lightning Seeds.

BACA JUGA :  Inggris Pastikan Tempat di 16 Besar

Lagu tersebut dirilis 30 tahun setelah Inggris menjuarai Piala Dunia 1966 dan beberapa bulan menjelang Euro 1996, saat mereka menjadi tuan rumah.

Bagian refrain lagu The Three Lions yang judulnya sama dengan julukan timnas Inggris itu secara harfiah memiliki arti “sepak bola pulang ke rumah”.

Kata “rumah” yang dimaksud adalah negara Inggris karena mereka mengklaim diri sebagai penemu sepak bola.

Meski asal-usul permainan sepak bola hingga saat ini masih menjadi perdebatan, faktanya Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang berdiri pada 1863 merupakan asosiasi sepak bola tertua di dunia.  

Kini, Inggris impian untuk “menyempurnakan” football is coming home dengan raihan gelar juara terbuka lebar usai memastikan tempat di semifinal Euro 2020.

Pelatih timnas Inggris pun mengakui magis Stadion Wembley.

“Untuk datang ke sini (Wembley), bersiaplah secara berbeda, bermain di stadion bersejarah pada malam yang indah untuk sepak bola dengan cuaca yang menginspirasi para pemain,” ucap Southgate dikutip dari situs UEFA.

“Pemain tampil fantastis, tidak hanya para pemain yang memulai laga, tetapi juga para pemain yang datang ke pertandingan. Mereka berhasil menjaga momentum,” tuturnya.

BACA JUGA :  Kiprah Google "Ngeles" Pajak di Beberapa Negara

Sementara itu, striker yang juga kapten timnas Inggris, Harry Kane, mengatakan bahwa ini adalah kesempatan besar bagi negaranya untuk menjuarai Euro 2020.

“Ini akan luar biasa. Sungguh momen bagi kami sebagai tim, sebagai bangsa, banyak dari kami yang bermain sekarang tidak akan mendapatkan kesempatan besar seperti ini di turnamen besar lagi,” katanya.

“Itu ada untuk kami, ini adalah kesempatan bagi kami. Kami harus meraihnya dengan kedua tangan,” tutur Harry Kane. 

Tak ayal, publik Inggris pun kini dalam rasa optimisme yang tinggi bahwa tim kebanggaannya bisa menjadi juara, tak terkecuali sang legenda, Alan Shearer.

“Sesuatu yang istimewa sedang terjadi,” kata Shearer dikutip dari BBC Sports.

“Kami memulai turnamen secara perlahan, tetapi meningkat di setiap pertandingan,” kata mantan kapten Inggris yang juga rekan setim Southgate saat Three Lions mencapai semifinal Euro 1996 itu. 

Jadwal Semifinal Euro 2020

Rabu (7/7/2021) pukul 02.00 WIB

Spanyol vs Italia

Kamis (8/7/2021) pukul 02.00 WIB

Inggris vs Denmark

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook