Hubungi kami di

Ini Batam

Iyeth Bustami Bakal Meriahkan Pembukaan KSM

Mike Wibisono

Terbit

|

WALIKOTA Batam, Muhammad Rudi mengundang seluruh masyarakat Batam untuk ramaikan Kenduri Seni Melayu (KSM) 2018.

KSM ke-20 ini digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, 1-3 November. Undangan ini disampaikan Rudi dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan tingkat kelurahan.

“Malam pembukaan nanti, Kamis malam, akan ada penampilan Iyeth Bustami. Iyeth ini bagian dari kita juga, melayu. Acara mulai setelah isya, sekitar jam setengah delapan atau jam delapan malam (19.30/20.00),” kata Rudi di Patam Lestari, Minggu (28/10).

Rudi mengatakan KSM ini merupakan acara pembuka dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Batam ke-189. Hari Jadi Kota Batam diperingati setiap tanggal 18 Desember.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan selain penampilan artis ibukota Iyeth Bustami, juga akan ada pentas seni melayu serumpun, sastra melayu, prosesi adat melayu dan permainan anak melayu.

BACA JUGA :  Batam Panas & Kemarau, Yuk Shalat Minta Hujan

“Pentas seninya seperti joget lambak. Kemudian penampilan baca puisi dan pantun khas melayu. Diikuti pelaku seni dan budaya dari negeri serumpun, Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand,” kata Ardi.

Sementara permainan tradisional yang akan memeriahkan KSM 2018 adalah gasing. Ada 1.000 gasing yang akan dimainkan anak-anak sekolah di Jalan Engku Putri, depan Kantor Walikota Batam, Jumat (2/11) siang.

Pada KSM kali ini juga akan diadakan pameran Batik Batam. Batik Batam dengan beragam motif khas dalam balutan warna-warni akan dipajang pada pameran ini.

“Juga akan ada pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diikuti sekitar 200 pelaku UMKM. Untuk pameran UMKM ini bekerjasama dengan komunitas Tangan di Atas (TDA),” sebutnya.

 

(*)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook