Hubungi kami di

SPORT

Juara Piala AFF 2022, Thailand Raih Gelar Ketujuh

Terbit

|

Pemain Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga leg kedua final Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Bangkok, Senin (16/1/2023) malam WIB. F. Lillian SUWANRUMPHA/AFP

TIMNAS Thailand tampil sebagai juara Piala AFF 2022 usai mengalahkan Vietnam. Ini gelar ketujuh bagi Pasukan Gajah Perang pada turnamen sepak bola negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Thailand berhasil mengandaskan perlawanan Vietnam pada laga final Piala AFF 2022 leg kedua dengan skor 1-0 yang digelar di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Senin (16/1/2023).

Kemenangan ini membuat Thailand unggul agregat 3-2 setelah sebelumnya mampu menahan imbang Vietnam 2-2 pada leg pertama yang dimainkan di My Dinh, Hanoi, Jumat (13/1/2023) lalu.

Gol krusial Thailand pada leg kedua dicetak sang kapten, Theerathon Bunmathan pada menit ke-24. Menerima umpan Adisak Kraison, Theerathon melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti.

Meski menggunakan kaki terlemahnya, bola hasil tendangan Theerathon bersarang di pojok kanan gawang tanpa bisa diantisipasi kiper Vietnam Dang Van Lam.

BACA JUGA :  Hasil Tes Pramusim MotoGP Sepang 2022: Espargaro Tercepat, Marquez Crash

Tertinggal satu gol membuat Vietnam berusaha lebih agresif. Dampaknya pada menit ke-29 Vietnam punya peluang emas melalui Tien Linh setelah Weerathep Pomphan melakukan kesalahan. Sayang penyelesaian Tien Linh masih menyamping di sisi kanan gawang.

Di sisa laga babak pertama Thailand lebih mendominasi permainan. Meski memiliki dua hingga tiga peluang bagus, tuan rumah gagal menambah gol. Skor 1-0 untuk Thailand bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Vietnam mencoba tampil lebih agresif. Skuad arahan Park Hang Seo lebih banyak menguasai bola hingga memaksa Thailand bermain menunggu.

Namun, pertahanan disiplin serta permainan tenang Thailand membuat Vietnam kesulitan cetak gol.

BACA JUGA :  Hasil Liga Champions: Liverpool Menang Dramatis, Munchen Bungkam Barcelona

Vietnam nyaris menciptakan gol penyeimbang pada menit ke-48. Nguyen Hoang Duc melepaskan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti, namun masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Kampon.

Thailand juga tak tinggal diam. Sejumlah serangan balik cepat mampu diciptakan namun pertahanan solid Vietnam masih bisa meredam tuan rumah untuk menggandakan keunggulan.

Vietnam terus melancarkan tekanan hingga menit-menit akhir, namun tak ada satu pun gol yang bisa tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Thailand berakhir hingga laga usai.

Ini menjadi gelar ketujuh bagi Thailand di sepanjang turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut. Gelar ini semakin memperkuat gelar Raja ASEAN bagi tim Gajah Perang.

(*/ade)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid