Hubungi kami di

Ini Batam

Jumlah Positif Covid-19 di Batam Capai 1089 Kasus

ilham kurnia

Terbit

|

Ilustrasi, virus corona

KASUS Covid-19 di kota Batam sudah mencapai 1089. Berdasarkan data Kamis (17/9), ada 53 kasus baru yang terpapar. Di antaranya 32 orang laki-laki dan 21 orang perempuan warga Kota Batam.

“jumlah kasus bertambah 53 orang, sudah capai angka 1089 kasus,” kata Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Tercatat ada seorang dinyatakan meninggal dunia. Yang bersangkutan (36) sebelumnya mengalami keluhan demam dan badan lemas. Diketahui memiliki riwayat penyakit Sirosis Hepatis. Kemudian dilakukan perawatan di RS Elisabeth Batam Kota secara optimal. Namun kondisinya semakin menurun.

Selain itu ada kasus dari karyawan yang tinggal di kawasan Dormitori hanya tiga orang. Angka itu termasuk dalam jumlah 29 orang karyawan swasta, lalu IRT 9 orang, belum sekolah 3 orang, mahasiswa 3 orang, wiraswasta 6 orang, tidak bekerja 1, dan pelajar 2 orang.

“Ada anak usia 4 hingga 8 tahun. Klasifikasi ada suspek, asimptomatik dan meninggal dunia,” jelas Didi.

Dengan riwayat kasus ada yang melakukan pemeriksaan swab pada sehubungan dengan kontak erat di lingkungan tempat tugasnya tanpa ada keluhan, mempunyai kontak erat
dengan kasus terkonfirmasi Covid-19, dan melakukan pemeriksaan mandiri memiliki keluhan sakit.

“Dari kasus ini ada yang satu keluarga terpapar mulai dari suami, anak, orangtua, dan adiknya. Juga ada pasien yang kondisinya hamil,” jelas Didi.

Pasien ini dalam perawatan di rumah sakit yang tersebar di Batam. Di antaranya RSKI Covid-19 Galang, RS Badan Pengusahaan, RS Awal Bros, RS Embung Fatimah, dan RS Elisabeth Batam Kota.

Dengan demikian dapat disampaikan bahwa dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh klaster. Dan dapat disimpulkan sementara bahwa saat ternyata terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru.

Hal ini sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protkes di berbagai aktivitas sehari-hari. Sehingga, nantinya memungkinkan terjadi pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import.

“Kami ingatkan dan imbau kembali bersama masyarakat Kota Batam agar tetap mengikuti anjuran pemerintah,” urai Didi.

Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Batam menuju trend positif pasien terkonfirmasi sembuh yang merupakan warga Kota Batam. Berjumlah 14 orang dengan nomor kasus 714, 716, 717, 718, 724, 725, 749, 803, 804, 823, 824, 827, 846, dan 890. Mereka merupakan IRT, Karyawan swasta pensiunan, wiarsawata ASN Pemko Pelaut/Kru kapal, Nakes RSBK, Belum bekerja, P3K Pemko Batam, Teknisi RSBP, serta Karyawan Customer Care RSBP.

“Kesemuanya telah menyelesaikan
masa isolasi dan diperbolehkan pulang,” ucap Didi.

Data Covid-19 dari total 1089 orang, yang sembuh sebanyak 636 orang, meninggal 42 orang, dan dalam perawatan 411 orang.

(*/nes)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook