Hubungi kami di

Histori

Kaas Plateau, Lembah Seribu Bunga

nien bagaskara

Terbit

|

KAMU yang suka keindahan, nggak ada salahnya jika merencanakan perjalanan ke sini. Keindahan bunganya, bisa bikin kamu betah berlama-lama.

Orang menyebut daerah ini sebagai Kaas Plateau. Dikenal juga dengan nama “Kaas Pathar”. Ini adalah sebuah dataran tinggi yang terletak di kisaran Barat Ghat Sahyadri, 22 kilometer dari kota Satara di negara bagian Maharashtra India.

Foto : naturelyrics.com

Foto : naturelyrics.com

Kaas Plateau dikenal untuk berbagai jenis bunga-bunga liar yang mekar di sana selama bulan Agustus-September setiap tahunnya. Daerah dataran tinggi Kaas ini terletak pada ketinggian 1.200 m dengan luas sekitar 1.000 hektar.

Dikutip dari wikipedia  Nama Kaas berasal dari pohon Kaasa (Elaeocarpus glandulosus). Kaas Plateau kaya akan keanekaragaman hayatinya. Banyak spesies yang ditemukan di dataran tinggi ini adalah spesies yang baru dikenal di dunia ilmu tumbuhan.

Foto : wikipedia.org

Foto : wikipedia.org

Banyak endemik, tanaman langka yang ditemukan di Plateau. Lebih dari 850 spesies tumbuhan berbunga dilaporkan ada di dataran tinggi ini, termasuk Anggrek, Karvy dan tanaman karnivora seperti Drosera Indica. 624 spesies telah masuk dalam Red Data Book. Dari 624 spesies ini, 39 hanya ditemukan di wilayah Kaas .

Dataran tinggi Kaas sebagian besar terbentuk dari basalt yang langsung terekspos ke atmosfer. Batuan Basal diselimuti oleh tanah tipis yang terbentuk akibat erosi dan memiliki akumulasi lapisan yang tidak lebih dari satu inci. Tanah ini tidak hitam atau laterit. Pada tempat-tempat tertentu air berkumpul karena permukaan yang tidak rata.

Tanaman yang tumbuh di dataran tinggi Kaas biasanya adalah jenis terna seperti rumput. Semak-semak dan pohon-pohon kecil terletak di pinggiran dari dataran tinggi Kaas.

Foto : wikipedia.org

Foto : wikipedia.org

Kaas Plateau telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sejak tahun 2012 lalu. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook