Hubungi kami di

Tanjung Pinang

Kasus Kontak Erat Mendominasi Penyebaran Covid 19 di Tanjungpinang

ilham kurnia

Terbit

|

Ilustrasi, gunakan masker untuk tekan penyebaran Covid-19

KASUS penyebaran Covid 19 di Tanjungpinang mengalami lonjakan menjadi 169 kasus. Tren penularan dari kasus kontak erat mendominasi sebesar 57 persen dengan 96 kasus, Minggu (30/8).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan terjadi peningkatan kasus Covid 19 yang cukup signifikan sejak beberapa pekan terakhir.

Pada 19 Agustus 2020 terjadi penambahan 10 kasus, kemudian pada 29 Agustus 2020 juga terjadi penambahan 19 kasus, sehingga total saat ini kasus positif Covid 19 menjadi 169 kasus.

Rustam merinci kasus penyebaran di dominasi oleh kasus kontak erat sebayak 96 kasus atau 57 persen dari total kasus penyebaran. 64 kasus atau 38 persen merupakan kasus dengan riwayat perjalanan dari daerah transmisi lokal.

“Terhadap mereka yang melakukan karantina mandiri di rumah, masyarakat sekitar tidak perlu resah karena belum ada fakta empiris menjadi sumber penularan sepanjang tidak pernah kontak erat, justru diharapkan dapat memberikan dukungan dan fasilitasi kepada yang bersangkutan sesuai kebutuhan agar dapat melaksanakan karantina dengan benar dan segera sembuh dari virus Covid-19,” jelasnya.

Sedangkan bila dilihat berdasarkan kondisi gejala yang ada pada kasus yang terkonfirmasi, lanjut Rustam, sebanyak 51 kasus atau 30 persen yang memiliki gejala Covid-19 dan sebagian besar yaitu 118 kasus atau 70 persen merupakan kasus yang tanpa gejala apapun yang menunjukkan yang bersangkutan positif Covid-19.

“Dihimbau kepada seluruh pihak untuk dapat membatasi perjalanan keluar daerah khususnya yang sedang terjadi transmisi lokal, baik untuk keperluan kedinasan, kepentingan keluarga apalagi sekedar liburan kecuali berkaitan dengan kepentingan yang sangat urgens dan tidak bisa ditunda,” ujarnya.

(*/nes)

Sumber : bentan.id

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook