Hubungi kami di

Inspirasi

Kembangkan Aplikasi Inovatif, Pemprov Kepri Raih Merdeka Award 2022

Terbit

|

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat menerima Merdeka Award 2022. F dok Pemprov Kepri

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kepri menerima penghargaan kategori inovatif untuk negeri dalam ajang Merdeka Award 2022 dengan tema inspirasi Indonesia, Kamis (23/6) di Gedung Smesco, Paviliun Provinsi, Jakarta.

Penghargaan tersebut karena Pemprov Kepri dinilai memberikan inspirasi kepada masyarakat selama memimpin Kepri.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad yang menerima penghargaan ini mengungkapkan penghargaan didekasikan kepada masyarakat Kepri. “Di era saat ini transformasi digital adalah sebuah keniscayaan. Sebagai daerah Kepulauan, Kepri memiliki 2408 pulau, 378 diantaranya berpemghuni dan sebanyak 22 pulau berada di garis terdepan. Jika kita tidak kreatif, tidak inovatif dan produktif, kita akan tertinggal jauh dengan negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia,” katanya.

Pemprov Kepri sebagai penerima penghargaan kategori award “Inovasi Anak Negeri” ini dinilai dari beberapa kriteria yang meliputi “Program Inovasi Penggerak Ekonomi”. Dalam hal ini yang paling menonjol adalah program subsidi bunga modal UMKM dengan bunga nol persen. Pelaku UMKM hanya mengembalikan pinjaman pokok. Bunga dari pinjaman modal ditanggung Pemprov Kepri.

BACA JUGA :  OJK Kepri Ingatkan Warga | Waspadai Jerat Utang Pinjol Ilegal

Kedua, program inovatif di bidang pelayanan publik. Keberhasilan program pelayanan publik di Pemprov Kepri bisa dinilai secara digital seperti layanan Jaring Aspirasi Gubernur (Japri Gub) yakni sebuah aplikasi pengaduan, wadah penyampaian aspirasi masyarakat kepada Gubernur Kepri. Kemudian aplikasi video conference yang dapat dimanfaatkan Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda serta para OPD di lingkungan Pemprov Kepri untuk berhubungan dengan masyarakat

Penilaian lainnya adalah program inovatif pendukung digitalisasi. Adapun Proses Izin Dengan Jarimu atau SI JEMPOL adalah sebuah aplikasi yang dibuat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kepri. Aplikasi ini dinilai baik, familiar, memudahkan dalam pelayanan dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Kemudian ada aplikasi Mi Bedil SIMA-PK (Media Informasi Berbasis Digital Sistem Manajemen-Pendidikan Kepri).

BACA JUGA :  Gairahkan Wisata MICE | Bogor Tourism, Mart dan Expo Event Pameran Perdana di Kota Batam

Kemudian ada SIMANJA (Sistem Informasi Manajemen Kinerja), E-DISPOSISI yang berguna untuk disposisi surat beserta catatan yang di perintahkan pimpinan kepada instansi terkait

Hal lainnya yang mengantarkan Pemprov Kepri menerima menghargaan adalah dari unsur penilaian program kolaborasi. Hal ini mengingat, kolaborasi yang baik antara Pemprov Kepri dan Tokopedia menghadirkan fitur layanan Tokopedia E-Samsat. Dengan cara ini  pembayaran pajak kendaraan lebih cepat dan efisien. Selain itu kolaborasi antara  Pemprov Kepri dan Bank Riau Kepri, dimana semua bentuk transaksi di Pulau Penyengat menggunakan metode QRIS, seperti perbelanjaan UMKM, pembayaran transportasi penyeberangan dan keliling pulau penyengat, pembayaran zakat, infaq dan sedekah (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid