Hubungi kami di

Hidup Sehat

KPJ Johor Specialist Berikan Tips Sehat Wanita di Usia 40 Tahun

Terbit

|

Peserta talkshow "Wanita Tetap Anggun dan Sehat di Usia 40-an" di Hotel Planet Holiday, Batam, Rabu (28/9) bersama RS KPJ Johor Specialist berfoto bersama. F. rifki/gowest.id

USIA 40 tahun sering menjadi momok tersendiri bagi wanita. Saat itu, selain mulai terlihat menua, penyakit juga mulai berdatangan. Menyadari hal tersebut, Pakar Obstetrician and Gynaecologist and Reproductive Medicine Rumah Sakit KPJ Johor Specialist, Dr Noorashikin Maan memberikan kiat-kiat menarik di talkshow dengan tema “Wanita Tetap Anggun dan Sehat di Usia 40-an” di Hotel Planet Holiday, Batam, Rabu (28/9).

Acara ini bekerja sama dengan Marga Huang Kota Batam. Menurut Noora, wanita harus mulai menerapkan gaya hidup sehat, sebelum memasuki usia 40 tahun.

“Caranya yakni eluangkan waktu untuk berolahraga tiap hari, mengkonsumsi makanan sehat, serta makan buah-buahan dengan banyak warna. Lalu, meminimalisir stres meski tiap hari banyak menghadapi tekanan, mulai dari mengurus rumah tangga, hingga pekerjaan,” katanya.

Selanjutnya perbanyak istirahat, agar kondisi tubuh kembali siap menghadapi rutinitas tiap hari. “Namun yang paling penting adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala ke dokter, bukan satu kali. Minimal satu tahun sekali, atau setidaknya sekali tiga tahun,” ucapnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kualitas Komunikasi Pegawai Melalui Pelatihan Public Speaking

Umur 40 tahun menjadi salah satu momen perubahan penting dalam tubuh wanita, dimana selain terlihat menua, juga rentan penyakit, apalagi penyakit yang sudah menjadi kodrat seorang wanita, seperti kanker rahim dan kanker payudara, serta penyakit lainnya.

Di usia tersebut, wanita juga mulai memasuki masa premenopause serta mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Jika tak ditangani dengan baik akan berdampak buruk bagi kesehatan.

“Berat badan akan berakibat pada jantung dan banyak yang meninggal akibat sakit jantung dan ini bukan masalah kesehatan yang kecil. Stres juga mengakibatkan separuh dari wanita-wanita kurang tidur,” jelasnya.

Untuk itu, seorang wanita harus mampu membagi waktunya, dengan meluangkan diri untuk me time, seperti olahraga rutin, tidur cukup, dan sering berjumpa dokter untuk pemeriksaan berkala.

Sementara itu, CEO KPJ Johor, Haliza Khalid mengatakan KPJ Johor berupaya meningkatkan layanan kepada pasien, yang datang dari Batam hingga sampai di rumah sakit. Selain itu KPJ Johor terus meningkatkan teknologi dalam bidang kesehatan.

Upaya yang telah dilakukan KPJ Johor yakni mendatangkan Elektra Vers HD, yang merupakan satu-satunya di Malaysia bagian selatan. Alat ini akan menghemat waktu Radioterapi serta mengurangi efek samping dalam pengobatan.

BACA JUGA :  Kapal Bertonase 33 Ribu GT Sandar di Batam, Angkut CPO ke Eropa

Selain itu 2020 lalu, KPJ Johor telah bekerja sama dengan Monav IVF dari Australia yang terkenal untuk teknologi dan pemeriksaan reproduktif.

“Dengan kerja sama itu KPJ Johor telah banyak membantu bagi pasangan yang mendambakan anak melalui program bayi tabung,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Perkumpulan Marga Huang, Antoni menyambut baik acara ini.

“Ini merupakan program sosial dari Perkumpulan Marga Huang, salah satunya dalam bidang kesehatan. Tentunya sosialisasi ini diharapkan memberikan manfaat bagi anggota terutama kaum wanita,” paparnya.

Ke depan, Antoni berharap jika nantinya ada pasien dari Marga Huang Batam yang berobat bisa lebih mudah mendapatkan akses dan pelayanan kesehatan di KPJ Johor.

“Kita akan membantu jika ada saudara kita yang tidak mampu berobat. Setidaknya rumah sakit ini bisa memberikan kemudahan bagi pasien yang berobat ke sana (KPJ Johor),” pungkasnya (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid