Hubungi kami di

DoorStop!

KPU Batam : Pemilu 2024, Parpol Daftar di SIPOL

Terbit

|

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Batam mulai mensosialisasikan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4/2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kepada stakeholder terkait di Hotel Aston Batam, Jumat (29/7).

Kegiatan ini juga bertujuan memperkenalkan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

“PKPU ini mengatur tahapan verifikasi partai politik (parpol) dan peserta yang bisa masuk atau tidak sebagai peserta pemilu,” kata Komisioner KPU Batam, Sastra Tamami.

PKPU ini menjadi pintu masuk bagi KPU untuk melakukan faktualisasi di lapangan kepada 16 parpol pesera pemilu, termasuk 9 parpol besar yang punya perwakilan di DPR RI.

BACA JUGA :  8 Desainer Peragakan Busana Batik Batam | Malam Puncak BBFW 2020

Selain itu, sosialisasi ini memperkenalkan aplikasi SIPOL yang akan digunakan di pemilu serentak 2024.

“Sebenarnya SIPOL digunakan sejak 2019, tapi yang sekarang sudah disempurnakan. Aplikasi ini mempermudah KPU mendeteksi keberadaan anggota layak dan tidak layak di parpol dan KPU. Pada prinsipnya, SIPOL ini alat bantu untuk percepatan penyelenggaraan pemilu,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Batam, Martius mengatakan saat ini parpol mendaftarkan diri mengikuti pemilu melalui SIPOL.

BACA JUGA :  Kehadiran Masjid Tanjak Jadi Ikon Baru Wisata Religi di Batam

“SIPOL itu ditangani KPU RI di tingkat pusat, kami sifatnya cuma menunggu. Kalau dulu parpol datang ke kami untuk mendaftar, maka sekarang tidak lagi. Kami hanya memverifikasi data yang telah diturunkan dari KPU RI,” jelasnya.

Menurut Martius, informasi ini perlu disebar karena bertujuan untuk mensukseskan pemilu 2024, agar berkualitas dari segi hasil dan pemilihnya.

“Sehingga tidak ada kesalahpahaman yang bisa menjadi sengketa. Secara garis besar parpol akan lengkapi, dan KPU RI akan verifikasi datanya. Kami melihatnya nanti di SIPOL,” ujarnya (leo).

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid