Hubungi kami di

Budaya

Lari Obor Pattimura dan Tari Cakalele dari Maluku Bakal Mentas di Engku Puteri

Terbit

|

Lari Obor Pattimura. F dok Antara Foto

MALUKU Satu Gandong Islam Kristen (Masaga) Batam akan menggelar Hari Pattimura dan Halal Bihalal di Dataran Engku Puteri, Batam Centre, 14 Mei mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Masaga Batam, Cani Siahaya saat mengunjungi Sekda Batam, Jefridin dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Batam, Ardiwinata, Selasa (26/4).

“Selama kegiatan, kami akan menggelar atraksi seni dan budaya Maluku, seperti Lari Obor Pattimura, tarian Cakalele dan lainnya,” katanya.

Lari Obor Pattimura ini merupakan prosesi adat dan kebangsaan dalam memperingari Hari Pattimura, dimana para peserta menyeberangi laut dari Pulau Saparua menuju Pulau Ambon di Maluku. Setelah itu, akan diarak-arak sepanjang 25 kilometer menuju Kota Ambon.

BACA JUGA :  Bintan Raih WTP ke 11 | Roby: "Ini bukan yang terakhir"

Sementara itu, Tari Cakalele merupakan salah satu tradisional warisan leluhur di Maluku. Tari ini digelar masyarakat Maluku dalam upacara adat seperti, pelantikan raja, peresmian Baileo, perayaan hari Pattimura, dan berbagai acara adat negeri lainnya.

Masaga Batam saat menemui Sekda Batam, Jefridin dan Kadisbudpar Batam, Ardiwinata. F ist

Selain itu, Tari Cakalele merupakan bentuk penghormatan kepada nenek moyang bangsa Maluku yang merupakan pelaut. Sebelum mengarungi lautan, para pelaut mengadakan ritual dengan mengadakan pesta makan, minum, dan berdansa, inilah yang dilambangkan dalam tarian Cakalele.

BACA JUGA :  TAUZIA Great Sale | Discount 35% Nginap di HARRIS Water Front Batam

“Kegiatan ini rencananya akan dihadiri sebanyak 2 ribu orang. Saya berharap dukungan dari Pemko Batam untuk kesuksesan acara tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, menyampaikan bahwa Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bakal mendukung kegiatan yang bisa menjadi daya tarik Batam tersebut.

“Kami sangat mendukung. Semoga kegiatan ini akan berlangsung sukses,” katanya.

Di kesempatan itu, Jefridin berpesan agar selama kegiatan nantinya tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19.

“Pak Wali selalu berpesan, penanganan Covid-19 masih berlangsung dan kita semua masih harus memakai masker,” pesannya (leo).

Advertisement
2 Comments

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid