Terhubung Dengan Kami

SPORT

Liga 1 Bergulir Akhir Maret

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Logo liga 1 : © bolasport.com

Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono memastikan kompetisi Liga 1 2018 bakal digelar akhir Maret 2018. Ia menyebut, rancangan-rancangan jadwal sudah disiapkan sesuai dengan agenda PSSI di tahun 2018.

Dari sekian banyak agenda yang disiapkan PSSI, Joko menyebut terpenting adalah Asian Games, Piala Dunia, dan Piala AFF. Jadwal juga memperhitungkan bulan Ramadan yang mulai bergulir dari pertengahan Mei.

Di awal kami punya rancangan jadwal, karena Piala AFF akan mulai di 8 November. Laporan dari LIB (operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru), rencana (kompetisi) di akhir Februari dan awal Maret tapi sampai sekarang belum (terealisasi),” kata Joko kepada wartawan, pekan ini.

PSSI, lanjut Joko, ingin semua permasalahan terkait kompetisi tuntas di forum RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) pada, Kamis (8/3). Dari situ, PSSI memastikan semua opsi kick off dapat disetujui klub.

“Sehingga ada opsi kick off di 18 (Maret), 23 (Maret) atau 24 (Maret). Spekulasinya tahan dulu, RUPS dua hari lagi dan kita doakan lancar. Dan ini jadi komitmen PSSI dan LIB,” ujar Joko.

PSSI paham, ideal waktu yang dibutuhkan untuk menggelar kompetisi yakni 34 pekan dengan 17 pertandingan kandang dan 17 tandang. Lewat 24 pekan yang tersisa, dipastikan bakal ada empat pertandingan setiap minggunya.

PSSI akan mendorong supaya Liga 1 2018 dilaksanakan dalam 28 minggu dan memungkinkan berbenturan dengan penyelenggaraan Piala AFF di November mendatang.

Piala AFF tahun ini digelar menggunakan format berbeda lantaran babak penyisihan grup tidak akan berpusat di satu negara. Setiap grup yang diisi lima negara akan melakukan dua laga tandang dan kandang dengan sistem setengah kompetisi.

Format ini disebut Joko memungkinkan adanya fleksibilitas yang bisa dikombinasikan secara bersama-sama dengan aktivitas timnas dan kompetisi. Sehingga dimungkinkan kompetisi akan selesai di November atau Desember.

“Tak mudah, tapi bukan tak mungkin kami kombinasikan antaran gelaran Piala AFF dan kompetisi Liga 1. Tapi tak mungkin kita benturkan jadwal antara kompetisi dan Piala AFF. Kami harus diskusi dengan klub terkait dengan pemusatan latihan timnas.” ucap Joko.

Selain menyoal jadwal kick off kompetisi, LIB dalam RUPS juga akan menyelesaikan kewajibannya kepada klub terkait pelunasan utang subsidi di kompetisi Liga 1 2017 yang belum selesai.

Dari Rp7,5 miliar dana subsidi klub yang dijanjikan LIB, baru Rp5 miliar yang dilunasi. Sedangkan sisa pembayaran yang awalnya bakal dicicil melalui tiga termin yang selesai akhir Januari lalu justru belum ada kejelasan.

“Poin ini merupakan salah satu yang krusial di RUPS nanti diputuskan. Insya Allah di RUPS semuanya terselesaikan,” harap Joko.

Joko juga memastikan, tidak ada perubahan operator yang bakal menjalankan kompetisi Liga 1 2018. LIB bakal tetap menjalankan tugasnya seperti tahun sebelumnya, bukan GTS (Gelora Trisula Semesta).

Piala Indonesia Dimulai April 2018

PSSI bakal kembali menghidupkan gelaran Piala Indonesia musim ini. Piala Indonesia bakal menjadi salah satu agenda dan pekerjaan besar PSSI di 2018.

Plt Ketua Umum PSSI Joko Diryono mengatakan, gelaran Piala Indonesia masih menunggu jadwal kick off kompetisi Liga 1 2018 yang sampai saat ini belum diputuskan. Dua pekan setelah kick off Liga 1, PSSI akan mengumumkan gelaran Piala Indonesia 2018.

 

Klik untuk memberi komentar

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pop & Roll2 hari lalu

Johny Indo Telah PERGI

AKTOR Johny Indo sudah pergi untuk selama-lamanya. Jenazah Johny kini tengah disemayamkan di rumah duka di kawasan, Jalan Pembangunan, Mekarsari, Neglasari,...

Gaptek? Gak Lah!2 hari lalu

Ngobrol Bahasa Indonesia Bersama Speaker Pintar Google Home

BAGI kamu yang mungkin belum tahu, asisten digital Google Assistant sudah dilengkapi dengan bahasa Indonesia sejak Maret 2018. Perangkat yang...

Gaptek? Gak Lah!2 hari lalu

Sebaran Virus Corona Pada Peta Online

UNTUK melihat penyebaran virus corona dari Wuhan, China sampai ke seluruh dunia, kita bisa melihat peta online yang dibuat oleh...

Jalan-Jalan Plesir4 hari lalu

Suatu Hari di Masjid Cheng Ho

MASJID Muhammad Cheng Ho juga terdapat di pulau Batam. Masjid ini dibangun di daerah Bengkong dengan ornament dan warna yang...

Histori5 hari lalu

Sejarah Pengelolaan Air Bersih di Batam (2) | KONSESI MODAL ASING & DAM BALOI YANG MERANA

SEJALAN dengan perkembangan Batam di dekade 90-an, kota ini dituntut untuk mampu menyediakan air bersih dengan kualitas yang baik. Terutama...

Histori5 hari lalu

Sejarah Pengelolaan Air Bersih Di Batam (1) | WADUK-WADUK & DURIANGKANG YANG FENOMENAL

SAAT mulai ditangani oleh PT. ATB pada tahun 1995, Otorita Batam sebenarnya telah memiliki aset waduk yang telah beroperasi. Tercatat...

NGOBROL EVERYWHERE1 minggu lalu

MENEROKA ASA PARIWISATA KITA | NGOBROL EVERYWHERE (FULL)

ADA lima atraksi wisata di Provinsi Kepri masuk dalam kalender acara atau Calender of Event (CoE) Pariwisata Indonesia yang ditetapkan...

NGOBROL EVERYWHERE1 minggu lalu

MENEROKA ASA PARIWISATA KITA (Behind The Scene) | NGOBROL EVERYWHERE

ComingSoonSenin20012020 ADA lima atraksi wisata di Provinsi Kepri masuk dalam kalender acara atau Calender of Event (CoE) Pariwisata Indonesia yang...

Makan Enak1 minggu lalu

Makan Ketam Mak Biyah | MAKAN ENAK!

KETAM atau rajungan atau kepiting merupakan biota laut yang sering diolah menjadi sajian lezat oleh masyarakat Kepulauan Riau. Hewan laut...

Jalan-Jalan Plesir1 minggu lalu

Jalan-Jalan di JALAN LEBAR BATAM

SEJAK 2016, infrastruktur jalan di kota Batam mulai membaik. Ruas-ruas jalan utama yang berpotensi menyebabkan kemacetan, kini sudah semakin melebar....