Hubungi kami di

Jiran

Malaysia Setop Ekspor, Ayam Langka di Singapura

Terbit

|

Pedagang nasi ayam di Singapura. F. Dok. Tempo.co/REUTERS/Edgar Su

KEBIJAKAN pemerintah Malaysia menghentikan ekspor ayam membuat negara tetangganya Singapura mengalami kelangkaan pasokan hingga membuat harga ayam meroket di pasaran. Bahkan harga nasi ayam Hainan melambung hingga 50 persen.

Selama ini Singapura sangat bergantung kepada ekspor ayam dari Malaysia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Setiap bulan, Singapura mengimpor 3,6 juta ayam hidup dari Malaysia.

Kelangkaan ayam ini membuat harga ayam meroket di pasaran. Kini, satu ayam dapat dibeli seharga US$3 atau sekitar Rp 43 ribu. Namun, dengan semakin berkurangnya ketersediaan ayam, harga dapat melonjak menjadi US$4 hingga US$5 per unggas.

“Pemasok sudah wanti-wanti mengenai kenaikan harga. Satu ayam sekarang sudah lebih mahal satu dolar, tapi dari mana saya bisa dapatkan untung lebih dari sana? Apakah pelanggan saya mau beli dengan harga segitu?” ungkap penjual ayam, Mohammad Jalehar, mengutip CNN.

Penjual ayam di Singapura menyebut pelanggan saat ini juga mencoba mengatasi larangan ekspor dengan memborong ayam dalam jumlah besar. Hal tersebut malah membuat penjual semakin sulit mengisi kekosongan stok mereka.

Berdampak ke Nasi Hainan

Keputusan Malaysia ini lantas berdampak ke sektor makanan khas Singapura yaitu nasi ayam hainan yang salah satu bahan baku utamanya ayam.

Nasi ayam ini diketahui merupakan salah satu jajanan favorit di Singapura. Bahkan, masyarakat Singapura sempat berbondong-bondong mencari jajanan nasi ayam.

BACA JUGA :  28 Wisman Singapura Masuk ke Batam | Kedatangan Perdana di Koridor Travel Bubble

Melansir Channel News Asia, sejumlah kios jajanan di Singapura dipenuhi antrean panjang pada Selasa (31/6/2022) lali, atau sehari sebelum larangan ekspor ayam diberlakukan.

Antrean ini terlihat di beberapa gerai populer yang berada di Maxwell Food Center dan Chinatown Complex seperti Tian Tian Chicken Rice Store dan Hawker Chan. Antrean juga tampak ramai di Chiew Kee Noodle House.

Saat ini harga makanan tersebut juga sudah mengalami kenaikan 30-50 persen.

Claridette Sarmiento (30 tahun), warga Singapura mengatakan harga nasi ayam hainan melonjak hingga 30-50 persen dari sekitar 3-6 dolar Singapura atau setara Rp 31.500 sampai Rp 63 ribu menjadi 4-9 dolar Singapura atau sekitar Rp 42 ribu hingga Rp 94.500 per porsi (kurs Rp 10.500 per dolar Singapura).

“Harga biasa berkisar 3-6 dolar Singapura, kini 4-9 dolar Singapura, tergantung ukuran porsinya. “Saya jadi harus menyesuaikan budget pengeluaran saya,” ucap Det, sapaan akrabnya, kepada CNNIndonesia.com, Jumat (3/6/2022).

Det menduga kenaikan harga nasi ayam hainan terjadi karena harga ayam semakin mahal setelah Malaysia menyetop ekspor per 1 Juni 2022.

Saat ini, harga ayam mencapai 6 dolar Singapura atau Rp 63 ribu per kg. Harganya naik sekitar 30 persen dari sebelumnya yang hanya 4,5 dolar Singapura atau Rp 47.250 per kg.

BACA JUGA :  Singapura Akan Bantu Optimalkan BTKLPP Batam Untuk Periksa Pasien Suspect COVID-19

“Saya mendengar banyak berita mengatakan seperti itu (harga ayam naik karena ekspor dihentikan). Dan juga mungkin dampak dari kenaikan harga-harga lain yang sudah terjadi sejak kuartal pertama tahun ini,” ujar Det.

Kenaikan harga ayam juga diikuti dengan kenaikan harga telur. Awal pekan ini harga telur tembus 3 dolar Singapura atau Rp31.500 untuk per kemasan yang berisi 10 butir.

Padahal sebelumnya, harga telur hanya 2,5 dolar Singapura atau Rp 26.250 dalam kemasan yang sama.

Alasan Malaysia

Di sisi lain, Pemerintah Malaysia beralasan stok yang menipis membuat mereka memberlakukan larangan ekspor ke Singapura.

Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, menerangkan ekspor 3,6 juta ayam per bulan akan disetop sebagai langkah mengatasi kekurangan pasokan domestik dan kenaikan harga bahan pokok.

“Sebagai langkah jangka pendek, rapat kabinet membuat beberapa keputusan tentang masalah pasokan dan harga ayam saat ini, termasuk menghentikan ekspor 3,6 juta ayam per bulan mulai 1 Juni 2022,” ujarnya seperti dilansir Channel News Asia.

Pemerintah Malaysia belum memiliki target sampai kapan larangan ekspor ayam akan berlaku.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid