Hubungi kami di

Dunia

Jemaah Calon Haji Indonesia Pertama Tiba di Arab Saudi

Terbit

|

Jemaah haji Indonesia kloter pertama tiba di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (4/62022). F. Dok. Beritasatu.com

JEMAAH calon haji (JCH) asal Indonesia menjadi kelompok jemaah asing pertama yang tiba di Saudi pada Sabtu (4/6) waktu setempat.

Dilansir dari AFP, Sabtu (4/6/2022), laporan media pemerintah Saudi menyebut kelompok jemaah calon haji asal Indonesia itu mendarat di Madinah pada Sabtu (4/6) waktu setempat dan akan melanjutkan perjalanan ke Makkah dalam beberapa pekan ke depan untuk mempersiapkan ibadah haji bulan depan.

“Hari ini kami menerima kelompok pertama jemaah haji tahun ini dari Indonesia, dan penerbangan akan berlanjut datang dari Malaysia dan India,” tutur Mohammed al-Bijawi dari Kementerian Urusan Haji Arab Saudi kepada televisi pemerintah Al-Ekhbariya.

“Hari ini kami dengan senang menerima tamu-tamu Allah dari luar kerajaan ini, setelah dua tahun terhenti akibat pandemi,” imbuhnya, sembari menambahkan bahwa Saudi ‘sepenuhnya siap’ mengakomodasi para jemaah asing.

BACA JUGA :  Diperkirakan Ada 400 Ribu Ton Sampah Plastik Masuk ke Laut Indonesia Tiap Tahun

Sebelum pandemi, ibadah haji yang berlangsung setiap tahun biasanya menjadi pertemuan keagamaan terbesar di dunia, dengan sekitar 2,5 juta orang berpartisipasi tahun 2019 lalu. Setelah pandemi merebak tahun 2020, Saudi mengumumkan hanya akan mengizinkan 1.000 jemaah untuk berpartisipasi.

Setahun kemudian, Saudi meningkatkan kuota jemaah haji menjadi 60.000 warga negara Saudi dan penduduk negara itu yang dipilih melalui undian, dengan syarat semuanya telah divaksinasi Corona secara penuh.

Melarang jemaah asing atau jemaah dari luar Saudi untuk berpartisipasi telah memicu kekecewaan mendalam di kalangan umat Muslim sedunia, yang biasanya menabung selama bertahun-tahun demi bisa naik haji.

BACA JUGA :  Pengelola Masjidil Haram Hilangkan Aturan Jaga Jarak

Hingga akhirnya pada April lalu, otoritas Saudi mengumumkan akan mengizinkan 1 juta jemaah dari dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi dalam ibadah haji tahun ini, yang akan digelar pada Juli mendatang.

Namun demikian, Kementerian Urusan Haji Saudi menetapkan sejumlah persyaratan khusus untuk ibadah haji tahun ini. Salah satunya menyatakan ibadah haji tahun ini dibatasi hanya untuk jemaah yang sudah divaksinasi penuh yang berusia di bawah 65 tahun.

Kemudian untuk jemaah dari luar Saudi, yang harus mengajukan visa haji, diwajibkan menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang diambil dalam kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

(*)

sumber: detik.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid