Hubungi kami di

Resep Makanan

Membuat Donat Empuk dan Mengembang yang Lezat

Zilfia Sarah

Terbit

|

PENGANAN yang satu ini memang sering jadi pilihan banyak orang untuk disajikan bagi keluarga. Ya, apalagi kalau bukan kue donat.

Donat merupakan salah satu menu yang nikmat juga disajikan saat berbuka puasa seperti sekaranh. Terdapat berbagai jenis donat yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka, mulai dari donat dengan merek terkenal hingga donat yang ada di pinggir jalan, dengan harga murah.

Namun jika membeli tentu lebih mahal, ya. Lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Selain murah, membuat donat termasuk yang mudah. Sayangnya, sebagian besar ibu-ibu tidak bisa membuat donat dengan hasil yang sempurna.

Ada yang tidak mengembang dan keras, ada pula yang enak namun donatnya terlalu besar. Lalu bagaimana cara membuat donat yang sempurna?

Kami coba lansir dari laman Inovasee, Minggu 11 Juni 2017 tentang cara membuat donat empuk dan mengembang dengan mudah. Coba simak, ya.

Bahan – bahan:

  • Tepung terigu 1/2 Kg
  • Gula pasir  4 Sdm
  • Mentega Sdm
  • Air mineral 200 cc
  • Susu bubuk atau susu kental 3 Sdm
  • Ragi instan sebanyak 11 gram
  • Telur 2 butir
  • Garam sebanyak 2 Sdt

Cara membuat adonan kue donat:

Pertama kocok 2 butir telur yang sudah disiapkan tadi hingga berbusa, usahakan proses ini secara maksimal sebab semakin merata telur hancur, semakin mempengaruhi pengembangan kue.

BACA JUGA :  Krengsengan Kambing Ala Jawa Timuran

Setelah telur mengeluarkan banyak busa, campurkan garam, gula, mentega, tepung terigu dan susu. Aduk sampai benar-benar tercampur rata. Kemudian siapkan campurkan ragi ke air dan aduk sampai rata.

Setelah ragi tercampur dengan air secara merata, tuangkan ragi ke dalam adonan kue yang sudah dibuat tadi (No 1). Setelah tercampur, adonan diuleni sampai benar-benar kalis. Diamkan adonan tersebut di dalam wadah yang tertutup, agar tidak terkena udara selama 25 menit sampai adonan benar-benar mengembang.

Adonan sudah mengembang, cetak adonan menyerupai bulatan dan diberi lubang tengah agar menjadi kue donat. Agar tidak lengket, adonan dan tempat pengolahan bentuk adonan donat sebelumnya ditaburi tepung terigu dahulu.

Jika adonan sudah membentuk kue donat, tinggal panaskan minyak goreng. Usahakan ketika proses penggorengan panas minyak terjaga, seba jika panas minyak kurang maksimal, kue sulit untuk mengembang.

Goreng adonan donat sampai benar-benar matang dan mengembang. Setelah donat mengembang, angkat dan tiriskan donat sampai benar-benar kering.

Sekarang donat sudah jadi, selanjutnya bisa dibuat berbagai variasi dan rasa. bisa dicampur dengan cokelat, keju, margarin atau yang lainnya sesuai selera Anda. (*)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook