Hubungi kami di

Berita

Menhub : Pemudik, Gunakan bus Berstiker Laik Jalan

Mike Wibisono

Terbit

|

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik gunakan bus berstiker laik jalan. Kata dia, bus berstiker laik jalan, sudah melalui ramp check atau pemeriksaan rutin setiap bulan.

Menurut Budi Karya, ramp check untuk bus yang akan digunakan saat mudik Lebaran itu dilakukan petugas dari Kementerian Perhubungan dari tingkat pusat hingga daerah.

“Saya memang sedang melakukan suatu pengecekan di titik-titik jalur mudik. Kami mengetahui jika dari Jakarta menuju ke Jawa Barat dan Jawa Timur,” ucap Budi Karya dikutip dari laman dephub.go.id.

Menurut Budi Karya, terminal bus Indihang, Tasikmalaya menjadi salah satu simpul di mana ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan bus tersebut dilakukan. Alasannya, Kota Tasikmalaya dan Ciamis merupakan kota-kota yang menjadi jalur mudik.

BACA JUGA :  3 Pesawat Pengangkut WNI Asal Wuhan Tiba di Hang Nadim, Natuna Jadi Observasi WNI Sehat

Budi Karya menuturkan, ramp check itu sangat penting. Bus tidak lulus ramp check jika kaca depannya pecah, olinya bocor, atau remnya diikat dengan karet.

“Jadi kalau dia nikung sedikit pasti akan lepas. Sudah pasti yang seperti ini keselamatannya tidak terjamin dan sangat membahayakan penumpang,” terangnya.

Selanjutnya Menhub juga meminta kepada pengusaha Perusahaan Otobus (PO) untuk melakukan ramp check pada bus yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran ke dinas setempat.

“Kami kebut seminggu ini dengan all out, kalau perlu 24 jam kita lakukan ramp check. Saya akan melarang bus-bus yang tidak berstiker untuk beroperasi karena berisiko pada keselamatan,” tegas Budi Karya. (*)

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook