Hubungi kami di

Khas

“Menjemput Investasi Masuk Batam di Dubai”

Terbit

|

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dan Kabiro Promosi, Humas & Protokol, Ariastuty Sirait, di sela agenda kunjungan di UEA, menyempatkan diri menemui Diasphora asal Batam yang berdomisili di UEA. Photo : istimewa

KEPALA Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi melakukan kunjungan ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Ia dan rombongan BP Batam menghadiri agenda penting.

Mulai dari pertemuan terkait investasi di calon Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan, Sekupang hingga bertemu Konsulat Jendral Indonesia dan Duta besar Indonesia untuk UEA.

“Ke Dubai dengan beberapa agenda, yakni menindaklanjuti Letter of Intent (LOI) dari Thumbay Medicity terkait investasi di KEK Kesehatan,” kata Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, beberapa hari kemarin.

Selanjutnya, pertemuan dengan perusahaan data center di Dubai, yang akan segera masuk ke Batam. Selanjutnya, menghadiri National Day World Expo 2020 . Terakhir bertemu Duta Besar (Dubes) dan Konsulat Jendral Indonesia, demi membahas kerja sama Investasi.

Thumbay Medicity ingin berinvestasi 300 juta dolar AS, dan berencana membangun rumah sakit dan kampus di Sekupang,” ujarnya.

KEK Kesehatan Internasional

LUAS lahan KEK Kesehatan Internasional Sekupang 44,5 hektare, dan salah satunya ada pengembangan rumah sakit bertaraf Internasional.

BACA JUGA :  "BERTEMU KAPTEN CORONA" (FULL) | NGOBROL EVERYWHERE

Rumah sakit tersebut memiliki konsep medical dan tourism, dengan produk unggulan cardiovascular center, cancer center, stemcell center, women and fertility center, cosmetic  and plastic surgery, dan retirement village.

Sebelumnya Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan ingin membangun kawasan ekonomi khusus kesehatan.

“Jadi pasien se-Sumatera akan hadir di Batam (KEK Kesehatan),” katanya beberapa waktu lalu.

Ia berharap, warga se-Sumatera, tidak lagi berobat ke negara tetangga.

“Kalau sudah diberikan pak Menko (Perekonomian) nanti, tidak perlu bayar mahal untuk berobat. Mudah-mudahan se Sumatera bisa datang ke sini,” harapnya.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi saat memberikan cenderamata untuk Dubes RI di UEA, H.E. Husin Bagis. Photo : istimewa

Kepala Pusat Pengembangan KPBPBB dan KEK BP Batam, Irfan Syakir Widyasa mengatakan, Kawasan Sekupang menjadi magnet baru sebagai wisata kesehatan. terintegrasi dengan destinasi wisata baru lainnya.

“Yaitu Taman Rusa BP Batam dan Kawasan Agribisnis Sekupang, Fisherism Tanjung Riau dan Kawasan Agro Marina,” katanya.

BP Batam saat ini tengah menyusun rencana pengembangan KEK Kesehatan Internasional Sekupang mulai dari strategi pengembangan, pemasaran, dan model kerjasama kawasan kesehatan bertaraf internasional yang tepat. Hal ini ditujukan untuk menangkap potensi pasar kesehatan Indonesia.

BACA JUGA :  Penanganan Covid-19 | Yayasan Buddha Tzu Chi Berikan Bantuan Kepada BP Batam

Saat ini, grup investor dari UEA tertarik menanamkan modalnya di Indonesia, setelah negara tersebut mengumumkan penanaman investasi senilai 10 Miliar dolar AS di Indonesia atau setara Rp 144 Triliun,  akhir Maret lalu.

Agenda National Day World Expo

SEMENTARA itu, agenda National Day di World Expo 2020 dihadiri juga oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kehadiran Presiden Jokowi bersama beberapa menteri terkait di ajang National Day menjadi komitmen nyata pemerintah Indonesia menjaga hubungan baik dengan UEA sebagai Penyelenggara Expo 2020 Dubai dan mitra penting Indonesia di Timur Tengah.

Selain itu, kunjungan Presiden sekaligus meneruskan diplomasi hubungan bilateral dalam Perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUEA-CEPA), yang memberi kesempatan besar bagi Indonesia untuk mendapat sorotan potensi yang lebih luas dan menjanjikan di mata dunia.

(*/nes)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook