Hubungi kami di

Industri

Menko Perekonomian dan Pejabat Singapura Bahas Pengembangan Data Center di Batam

Terbit

|

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. F. Dok. Kemenko Perekonomian

MENTERI Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, bersama sejumlah pejabat tinggi Singapura membahas hubungan bilateral terkait enam kelompok kerja dan konektivitas data center di Singapura, Selasa (30/8/2022).

Enam kelompok kerja yang yaitu kawasan Batam-Bintan-Karimun (BBK), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kelompok kerja investasi, kelompok kerja agribisnis, kelompok kerja ketenagakerjaan, kelompok kerja transportasi, dan kelompok kerja pariwisata.

Dalam konferensi pers di Singapura seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/8/2022), Airlangga mengatakan kedua negara membahas konektivitas pusat data yakni kebijakan konektivitas digital dengan menetapkan Pulau Batam dan Nongsa Digital Park (NDP) sebagai kawasan data center, sehingga bisa meningkatkan hubungan fiber optic cabel yang sekarang sudah ada.

BACA JUGA :  Lion Air Group Investasi Rp 7,29 Triliun di Batam Aero Technic, Bidik Pasar Asia Pasifik

“Karena ini juga menjadi nilai purpose pada G20, di mana Indonesia akan mendorong terjadinya free flow data dan informasi yang juga sangat diperlukan untuk pengembangan data center di Pulau Batam maupun di Nongsa Digital Park,” kata Airlangga.

Menko mengatakan konektivitas data center membutuhkan energi hijau dikarenakan berbasis power plan seperti floating solar panel yang sedang dikembangkan di Batam.

BACA JUGA :  Wakil Gubernur Kepri Ingatkan Masyarakat Untuk Saling Peduli

Menurut dia, kawasan data center biasanya juga membutuhkan dua sumber energi. Karenanya perlu didorong dengan kebijakan tranmisi electricity dari ASEAN yang sudah memiliki program ASEAN powergrade.

Kerja sama itu dibahas Menko bersama dengan Deputi Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong; Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan; dan Menteri Industri dan Perdagangan Singapura, Gan Kim Yong.

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid