Hubungi kami di

Khas

Menyusur Alur Minyak Goreng di Batam | Ada Pabriknya, Harga Membumbung

Terbit

|

HARGA minyak goreng naik menyeluruh secara nasional begitu pemerintah melepas Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyak Goreng beberapa hari kemarin.

Bahan kebutuhan pokok yang sebelumnya langka di pasaran, mendadak banyak lagi. Tapi harga sudah membumbung tinggi menjadi dua kaki lipat

Kota Batam tak lepas dengan permasalahan minyak goreng. Mulai dari kelangkaan stok beberapa waktu lalu hingga harga yang membumbung tinggi saat ini.

Menyusur alur distribusi minyak goreng di kota ini, diketahui bahwa kita Batam memiliki pabrik minyak goreng yang terletak di kawasan industri Kabil, Batam.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto saat sidak alur distribusi minyak goreng di Batam, Selasa (22/3/2022) kemarin mengatakan kelangkaan minyak memang terjadi di Indonesia, namun khusus di Batam masih aman.

BACA JUGA :  MonkeyPox Sudah Sampai Singapura, Bagaimana Antisipasi di Batam?

“Alhamdulillah stok di Batam masih aman. Kebutuhan minyak goreng curah maupun kemasan untuk warga Batam, totalnya mencapai 1.750 ton, dan kita masih bisa menyetok 2.500 ton. Jadi masih surplus,” kata Nugroho saat sidak tersebut.

Dari sidak diketahui bahwa kita Batam memiliki pabrik minyak goreng dengan pengelola PT SON yang memproduksi minyak goreng kemasan merk Hayat, SON Gold dan Maha.

Secara kuota, jumlahnya masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Batam. Namun harga yang dibanderol saat ini sangat tinggi karena mencapai hingga dua kali lipat dibanding harga sebelumnya.

“Dari pabrik ke distributor seharga Rp 18 ribu per liter. Lalu dari distributor ke toko dan pedagang seharga Rp 19 ribu per liter. Dan ketika dijual ke pasaran atau konsumen, maka harganya menjadi Rp 20 ribu per liter. Harga tersebut sudah sesuai HET di Batam,” kata Kapolresta Barelang saat mendapati keterangan dari pengelola pabrik.

BACA JUGA :  Jokowi Larang Ekspor CPO, Harga Sawit Jeblok 50 Persen

Kadis Perindag Batam, Gustian Riau yang ikut dalam sidak menyebut, secara umum pasokan minyak goreng kemasan masih aman. Yang perlu dijaga adalah harga minyak goreng curah yang baru saja ditetapkan HET-nya oleh pemerintah sebesar Rp. 14.000.

Diketahui, salah satu distributor minyak goreng termasuk jenis curah di Batam adalah CV. Murni Inti Sawit yang berlokasi di kawasan Batu Ampar. Perusahaan itu menyuplai minyak goreng curah ke tingkat eceran dan pedagang dengan harga jual sekitar Rp. 13.000.

(nes)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid