Hubungi kami di

Histori

Misteri Asal Sepeda Nabi Adam di Kota Jeddah

Zilfia Sarah

Terbit

|

SEPEDA raksasa ini ada di kawasan Al Mawadi, Jeddah. Kamu yang pernah mengunjungi Kota Jeddah, Arab Saudi mungkin sudah tak asing lagi. Orang sering menyebutnya sepeda ‘Nabi Adam’.

Yup, benar. Di kawasan Al Mawadi, Jeddah ini ada sebuah monumen berbentuk sepeda raksasa. Monumen sepeda berukuran tak lazim ini banyak dikenal orang dengan sebutan sepeda ‘Nabi Adam’.

Entah, mengapa dijuluki begitu? Apakah karena sepeda tersebut benar-benar merupakan peninggalan Nabi Adam AS?

Ternyata, jawabannya tidak.

Sepeda raksasa ini ternyata asli dari Indonesia lho! Dijuluki sepeda Nabi Adam, mungkin karena melihat ukurannya yang sangat besar. Lantas ada yang menyebutnya sepeda Nabi Adam. Dan sampai sekarang sebutan itu masih tetap abadi di kalangan jemaah haji serta turis asal Indonesia dan Asia Tenggara.

Ditarik ke sejarahnya,  sepeda yang tingginya mencapai 5 meter itu ternyata merupakan hadiah dari Gubernur DKI Ali Sadikin pada era kepemimpinannnya 30 tahun lalu. Bersama dengan ribuan sepeda lainnya, sepeda raksasa itu dikirim langsung dari Jakarta. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah setempat menjadikan sepeda raksasa itu sebagai monumen di tengah kota.

Nah, begitu ceritanya. Jika kita pikirkan lebih dalam,apakah mungkin zaman Nabi Adam AS ada sepeda yang bentuknya sama dengan zaman – zaman sekarang. Jadi intinya,  monumen sepeda yang menjadi tujuan wisata ini tidak ada hubungan dengan Nabi Adam AS, ya. ***

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook