Connect with us

Ini Batam

Pemerintah tak Berangkatkan Haji Tahun 2020, 600 Calon Jemaah Haji Di Batam Diminta Bersabar

iqbal fadillah

Published

on

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar. Photo : Dok.

KEBIJAKAN Pemerintah yang tidak memberangkatkan calon Jemaah haji Indonesia di musim haji tahu 2020 ini, ikut dirasakan oleh calon jamaah haji asal Kota Batam. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar menuturkan, setidaknya ada sekitar 600 jamaah haji asal Kota Batam yang terpaksa menunda keberangkatannya karena pandemi Covid-19.

Untuk itu, Zulkarnain meminta kepada para calon jamaah haji yang belu bisa berangkat ke tanah suci Mekah pada Tahun 2020 ini untuk bisa bersabar. Menunggu rencana pemerintah untuk penyelenggaraan haji 2021 di tahun selanjutnya.

“Tahun ini tak bisa melaksanakan ibadah haji sesuai arahan pak Menteri. Kita harus bersabar dan banyak berdoa. Semoga kita diberikan kesehatan sehingga tahun depan bisa berangkat,” kata Zulkarnain saat dihubungi pada Selasa (2/6).

Selanjutnya, pihaknya akan mengikuti arahan dari pusat terkait dengan kebijakan tidak mengirimkan jamaah haji tahun ini. Pada prosesnya, sebanyak 600 orang yang tidak bisa berangkat tahun ini akan menjadi prioritas di tahun 2020 mendatang.

Kepada masyarakat, Zulkarnain meminta agar langsung berkomunikasi dengan Kantor Kemenag Kota Batam untuk mendapatkan informasi seputar kebijakan haji ini. Ia juga meminta masyarakat untuk memahami kondisi yang terjadi untuk kepentingan masyarakat agar terhindar dari Covid-19.

*(Zhr/GoWestId)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *