Hubungi kami di

Tanah Air

Pemerintah Targetkan September Masuk Transisi Endemi Covid-19

Terbit

|

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. F. Dok. Liputan6.com/Kementerian Kesehatan RI

DALAM Rapat Kerja (Raker) Komisi IX DPR, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan bahwa pemerintah telah menetapkan roadmap pandemi Covid-19 menuju endemi, yakni pada September 2022.

“Memang sebaiknya ada roadmap, at least (setidaknya) di sisi kesehatan yang kita bisa pegang sehingga kita memiliki target yang bisa kita kejar secara konkret agar masyarakat siap menghadapi transisi,” kata Budi dalam Raker di Komisi IX DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Namun demikian, kata Menkes, harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagaimana indikator yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

BACA JUGA :  Pulang Dari Arab Saudi, Belasan Petugas Umrah Terpapar Covid-19

Mengacu pada indikator WHO lima hal yang diamati nantinya yakni kasus konfirmasi Covid-19 sudah di angka 20 per 100 ribu penduduk, pasien Covid-19 rumah sakit berjumlah lima dari 100 ribu penduduk, kematian tercatat satu dari 100 ribu penduduk. Kemudian, cakupan vaksinasi lengkap minimal tercapai 70 persen dari total populasi.

Budi menyebut ketentuan ini berdasarkan diskusi para ahli seperti epidemiolog. “Saya rasa mungkin di akhir bulan ini reproduction rate kita bisa di bawah satu. Jadi kalau Maret bisa di bawah satu, kita tarik enam bulan dari Maret, kalau mudah-mudahan tidak ada varian baru ya, mudah-mudahan bisa kita atasi,” jelasnya.

BACA JUGA :  Update Covid-19 (8/3/2022): Kasus Positif Naik Lagi, Jumlah Pasien Meninggal Meledak

Menkes mengimbau saat memasuki fase endemi, masyarakat sebenarnya harus siap dengan langkah pencegahan dan protokol penanganan penyakit Covid-19 jika tertular.

“Nah menurut pengamatan kami, transisi dari pandemi ke endemi salah satu yang paling penting adalah kesadaran kesiapan masyarakat dalam menghadapi pandemi tersebut,” beber Menkes.

“Kalau kesadaran dan kesiapan masyarakat sudah tinggi, mereka bisa bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri, itu adalah ciri-ciri perubahan transisi dari pandemi menjadi endemi,” terangnya.

(*)

sumber: detik.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid