Hubungi kami di

SPORT

Perubahan Aturan Liga Champion dan Liga Eropa Mulai Musim Depan

Mike Wibisono

Terbit

|

ATURAN baru di liga Champion dan liga Eropa segera diterapkan mulai musim depan

Dibanding aturan lama,  perubahan akan meliputi penggunaan pemain, jumlah klub yang lolos langsung ke putaran final hingga jadwal kick-off.

Perubahan aturan tersebut mengacu pada keputusan komite eksekutif UEFA pada Februari 2018 dan badan kepengurusan yang menentukan aturan permainan sepak bola, IFAB, yang dikeluarkan awal Maret 2018.

Mulai musim depan kesebelasan-kesebelasan yang berlaga di kompetisi antar klub di Eropa, dapat memasukkan tiga pemain baru tanpa pembatasan setelah fase grup.

Kebijakan tersebut meluluhkan aturan cup tied. Regulasi itu melarang sebuah klub memainkan pemain baru yang sudah pernah bermain di kompetisi yang sama bersama klub berbeda.

Aturan tersebut membuat Philippe Coutinho tidak bisa bermain untuk Barcelona di Liga Champions musim ini karena sudah lebih dulu terdaftar bersama Liverpool.

“Hal ini sejalan dengan peraturan yang ada di berbagai liga domestik, yang tidak memaksakan pembatasan kepada pemain yang terdaftar setelah jendela transfer musim dingin,” demikian pernyataan UEFA terkait peniadaan aturan cup tied.

Perubahan lain yang terjadi di kejuaraan antarklub Eropa adalah penambahan kuota pemain cadangan pada laga final Liga Europa, Liga Champions, dan Piala Super Eropa, dari yang semula hanya tujuh menjadi 12.

BACA JUGA :  Yaya Toure Tinggalkan City Akhir Musim Ini

Penambahan jumlah pergantian pemain pun diberlakukan pada musim depan. Setiap klub berhak mendapat jatah tambahan pergantian pemain keempat di babak tambahan waktu.

Jadwal pertandingan babak playoff, dan fase gugur juga diubah menjadi pukul 20.00 waktu setempat, tidak lagi pukul 19.45. Sedangkan untuk fase grup waktu kick-off menjadi pukul 17.55.

Sebelumnya UEFA telah mengumumkan penambahan jumlah klub yang bisa langsung tampil di putaran final Liga Champions dan Liga Europa.

Daftar kontestan yang mendapat tiket lolos langsung ke fase grup Liga Champions:

-Juara bertahan Liga Champions
-Juara bertahan Liga Europa
-Empat besar La Liga, Bundesliga, Premier League, dan Serie A
-Dua besar Ligue 1 dan Liga Rusia
-Juara Liga Portugal, Liga Ukraina, Liga Belgia, dan Liga Turki

Daftar kontestan yang mendapat tiket lolos langsung ke fase grup Liga Europa:

-Dua tim dari La Liga, Bundesliga, Premier League, Serie A, dan Ligue 1
-Satu tim dari Liga Rusia, Liga Portugal, Liga Ukraina, Liga Belgia, Liga Turki, Liga Republik Ceko, dan Liga Swiss.

 

Sumber : CNN Indonesia

 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook