Hubungi kami di

SPORT

Piala Asia U-16 dan U-19 Ditunda, Piala AFC Dihentikan

Mike Wibisono

Terbit

|

Ilustrasi, logo piala AFC

KONFEDERASI Sepakbola Asia (AFC) telah mengeluarkan keputusan untuk menunda kejuaraan Piala Asia U-16 2020 dan Piala Asia U-19 2020 sampai tahun depan. Tak hanya itu, ajang Piala AFC 2020 juga dihentikan alias dibatalkan.

Keputusan diambil setelah Rapat Eksekutif AFC digelar secara virtual, Kamis (10/9) petang.

Piala Asia U-16 2020 semula dijadwalkan berlangsung di Bahrain pada 25 November-12 Desember mendatang. Sementara Piala Asia U-19 2020 rencananya digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 dan Timnas Indonesia U-19 sejatinya turut serta di dua kejuaraan tersebut. Tim asuhan Bima Sakti serta Shin Tae-yong pun dipastikan harus menunda aksinya di dua turnamen resmi itu.

Sementara itu, Piala AFC 2020 yang dibatalkan, diikuti dua klub Tanah Air, Bali United dan PSM Makassar.

Sebelumnya, AFC berencana untuk menggelar fase grup kejuaraan itu secara terpusat. Namun, keputusan berubah setelah dirasa tidak mudah.

Selain itu, adanya penundaan yang berlarut dianggap bisa membuat agenda musim depan berantakan.

Itu berarti Bali United dan PSM Makassar hanya tinggal fokus di Liga 1 pada musim 2020 ini. Liga 1 2020 akan restart pada bulan depan.

Tentu keputusan yang diambil AFC ini setelah melihat perkembangan pandemi global COVID-19 yang masih merajalela.

“Ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepakbola — dan olahraga secara umum. Kami mengambil langkah-langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC,” kata Presiden AFC, Shaikh Salman dalam keterangan resminya, Kamis (10/9).

Dalam kesempatan yang sama juga telah dipaparkan laporan audit finansial AFC selama 2019. Lalu, diputuskan bahwa tidak ada Kongres AFC ke-30 di Kuala Lumpur, Malaysia.

(*)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook